Yusi : Ternyata Geliat Kopma di Malang Luar Biasa, Bravo Kopma..!!!

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Pelatihan Pemandu Dasar II yang dilaksanakan Dekopinwil Jatim melalui Lembaga Pendidikan Perkoperasian (Lapenkop) kali ini sedikit berbeda. Jika sebelumnya banyak didominasi oleh kalangan yang sudah lanjut usia, kali ini didominasi oleh anak muda yang notabene Mahasiswa yang tergabung di Kopma se-Malang Raya.

Fenomena tersebut menarik perhatian Komite Bidang Pelatihan Dekopinwil Jatim, Yusi Erni Wulan,SE.,MSA. Menurutnya, opini bahwa saat ini anak muda kurang perhatian terhadap koperasi, saat ini terbantahkan. Faktanya, masih banyak anak muda dan mahasiswa yang bergelut dibidang koperasi. Hal tersebut disampaikan saat mendampingi peserta Praktek Pelatihan Pemandu Dasar II, Dekopinda Kota Malang, (28/11/2018).

“Saya kaget, ternyata geliat Kopma di Malang sangat luar biasa”, ungkap dosen Unmuh Surabaya ini.

Yusi berharap agar Kopma selalu diberdayakan karena mereka adalah kader masa depan koperasi.

“Dekopin wajib melindungi dan memberdayakan Mahasiswa yang berproses di Kopma. Mereka aset masa depan koperasi”, ujarnya.

Menurut Yusi, untuk mempertahankan agar mahasiswa dan pemuda tetap menggandrungi koperasi adalah dengan melibatkannya dalam setiap kegiatan Dekopin. Bahkan perlu diberikan akses permodalan usaha melalui program pemerintah yaitu Wirausaha Pemula.

“Melibatkan Kopma dalam kegiatan Dekopin adalah salah satu cara melindungi dan memberdayakan Kopma”, tuturnya.

Yusi merasa bangga ketika pihaknya bertanya tentang pengertian koperasi kepada Kopma. Menurut mereka, koperasi adalah rumah dan keluarga besar. Dari hal tersebut, Yusi menyimpulkan bahwa pemuda dan mahasiswa masih sangat dekat dan mencintai koperasi.

“Komp di Malang sangat berbeda, mereka memiliki potensi untuk memajukan koperasi dimasa mendatang. Bravo Kopma…!!!”, pungkasnya. [Elc]

 

Berita Lainnya