Wayang Kulit Gatot Koco Winisudo Meriahkan Hari Koperasi Ke-72

(Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim di dampingi Ketua Dekopinwil Jatim menyerahkan Wayang Kulit Gatot Koco kepada Dalang Ki Bayu Aji)

 

Sidoarjo, PipNewsJatim.Com – Cerita Wayang Kulit Gatot Koco Winisuda yang dibawakan oleh Dalang Ki Bayu Aji, cukup mengobati kerinduan masyarakat. 

Sedikitnya 2.000 orang penonton hadir menikmati pagelaran wayang kulit yang dihelat di depan Kantor Dekopinwil Jatim Jl. Raya Juanda No. 31 Semambung – Sidoarjo.

Pagelaran warisan leluhur ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim didampingi Ketua Dekopinwil Jatim. Secara simbolik, ditandai dengan serahterima Wayang Kulit Gatot Koco kepada dalang Ki Bayu Aji sebagai pertanda bahwa pagelaran tersebut sudah bisa dimulai.

Ketua Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jatim, Tri Harsono, mengatakan bahwa pagelaran Wayang Kulit ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Ke-72. 

 
“Peringatan harkop di jatim cukup meriah. Kami mengapresiasi semua daerah, peringatan ini menandakan bahwa koperasi mulai dirasakan oleh masyarakat khususnya jatim akan manfaat ketika menjadi anggota koperasi,” kata dia. 

Oleh karena itu, kata dia, Dekopinwil Jatim terus berusaha dan mendorong agar koperasi tumbuh dan berkembang, sehingga koperasi mampu memberi kesejahteraan khususnya bagi anggota.

“Semoga melalui wayang kulit ini memberi inspirasi bagi kita semua bahwa koperasi tetap dihati masyarakat,” kata dia.

Dia mengatakan, koperasi akan tetap bergandengan dengan akar budaya ditengah-tengah masyarakat, khususnya wayang kulit. 

“Oleh karena itu kita sebagai masyarakat gerakan koperasi, akan terus menjaga nilai luhur dari para pendahulu kita,” kata dia.

Tri Harsono juga berkomitmen untuk terus berupaya menerapkan tugas dan fungsi Dekopin yaitu Advokasi, fasilitasi dan Edukasi. Disisi lain, merespon perkembangan teknologi, terutama dalam rangka fasilitasi pasar terhadap produk Koperasi. 

“Dekopin telah membuat aplikasi berbasis android yang diberi nama TOMIKO (Toko Online Milik Koperasi) yang akan diresmikan pada acara puncak Harkop ke 72 di Grand City 7 Agustus mendatang,” kata dia

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Mas Purnomo mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur untuk ikut terlibat dan mensukseskan helatan expo Koperasi UMKM. 

“Mari kami lihat beramai-ramai expo KUMKM agar masyarakat mengetahui apa yang telah dilakukan oleh koperasi. Mari kita doakan koperasi dan UMKM di Jawa Timur jaya,” kata dia.

Kedepan pihaknya akan memperkuat koperasi dari segala aspek. Diantaranya aspek kelembagaan, pasar, produk, manajemen dan lainnya. 

Mas purnomo juga mengatakan, untuk mempersiapkan Revolusi Industri 4.0, pihaknya telah membuat beberapa aplikasi yang bisa mempermudah akses pasar secara online salah satunya One Product dan One Pesantren (OPOP). 

“OPOP tersebut merupakan hasil karya dari para santri di pesantren. Luar Biasa,” kata dia. [Elc]

 
Berita Lainnya