Usung Misi Perubahan, Dekopinwil Jatim Siap Sukseskan Munas Dekopin 2019

(Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono)

 

Sidoarjo, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec Tri Harsono mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan strategi jelang perhelatan Musyawarah Nasional Dekopin di Makasar pada tanggal 11 – 14 Nopember 2019.

“Tentunya kami sudah menyiapkan strategi untuk mensukseskan Munas Dekopin di Makasar. Tapi yang pasti, kami menginginkan perubahan agar Dekopin menjadi lebih baik”, ujar Tri Harsono di kantor Dekopinwil Jatim sesaat sebelum berangkat menuju Makasar. Senin (11/11/2019).

Tri Harsono optimis strateginya akan berjalan lancar dan sukses lantaran sudah mendapatkan dukungan secara penuh dari seluruh Dekopinda Kabupaten/Kota di Jatim. Bahkan pihaknya menyatakan bahwa strategi tersebut merupakan usulan dari seluruh Dekopinda.

“Yang kami bawa ini adalah usulan atau rekomendasi dari Dekopinda. Rekomendasi ini sudah disahkan melalui Rakerwil seminggu yang lalu. Jadi kami hanya berjalan sesuai dengan amanat hasil Rakerwil kemaren”, ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa pada Munas Dekopin 2019 ini dikabarkan ada 2 calon kuat yang akan berebut sebagai Ketua Umum Dekopin periode 2019 – 2024 yaitu Nurdin Halid sebagai petahana dan Fadel Muhammad.

Saat ditanya siapa calon yang didukung oleh Dekopinwil Jatim, Tri Harsono tidak secara gamblang menentukan pilihannya. Tetapi pihaknya hanya memberikan informasi kriteria calon ketua Umum Dekopin.

“Jawa Timur telah sepakat untuk pimpinan dekopin mendatang harus memenuhi beberapa kreteria; 1). Yang bisa membawa perubahan kearah yg lebih baik, 2). Mampu mengawal RUU koperasi agar segera disahkan, 3). Mampu bekerjasama dengan Pemerintah sebagai mitra kerja, 4). Mengawal Dekopin tetap sebagai wadah tunggal gerakan Koperasi. 5). Lebih memperhatikan kondisi Dekopiwil dan Dekopinda di seluruh Indonesia”, jelasnya.

Menurut Tri Harsono, kriteria tersebut mutlak harus dipenuhi oleh calon Ketua Umum Dekopin agar kedepan nasib koperasi semakin berjaya dan posisi Dekopin semakin strategis.

Secara khusus Tri Harsono berharap agar pelaksanaan Munas di Makasar harus berjalan sesuai dengan AD/ART. Menurutnya, AD/ART mutlak harus diikuti oleh seluruh peserta Munas karena AD/ART merupakan kitab sucinya organisasi.

“Pelaksanaan Munas harus sesuai AD/ART. Termasuk didalamnya pemilihan ketua, wajib hukumnya mentaati AD/ART. Dalam memilih pemimpin jangan sampai menyimpang dari AD/ART. Karena itu merupakan kitab sucinya dalam sebuah organisasi. Wah kalau misalnya terdapat penyimpangan itu sangat gawat, kitab sucinya saja dilanggar apalagi kita. Oleh karena itu jangan sampai itu terjadi”, pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya