Tri Harsono : Bersiaplah Koperasi Di Tuban, Sebentar lagi Tuban Akan Jadi Surga Bagi Investor

(Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono saat memberikan sambutan pada Rakerda Dekopinda Tuban)

 

Tuban, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono mengatakan bahwa koperasi di Tuban harus segera berbenah dalam rangka menyambut adanya pengembangan Industri terpadu yang dikembangkan di Tuban khususnya pengembangan Industri Minyak.

Menurutnya, Multiplier effect dari Industri tersebut akan mendorong ekonomi di daerah Tuban akan berkembang. Oleh karena itu, koperasi harus mampu menangkap perubahan itu khususnya dalam menyiapkan SDM-nya yang bisa mengikuti perkembangan teknologi digital sebagai wujud perkembangan teknologi di era revolusi Industri 4.0.

“Menghadapi era industrialisasi 4.0, koperasi harus mengikuti perkembangan teknologi dan dinamika usaha yang ada. Namun, tetap harus berpegang teguh pada jatidiri koperasi”, ujarnya saat memberikan sambutan pada Rakerda Dekopinda Kabupaten Tuban di Hotel Mahkota Tuban, Sabtu (21/12/2019).

“Tuban sangat besar potensi alamnya. Koperasi di Tuban diharapkan dapat mengelola dan mengembangkan usahanya berbasis potensi lokal. Saya yakin, dengan berdirinya kilang minyak terbesar di Asia, sebentar lagi Tuban akan menjadi surga bagi para investor. Koperasi jangan tinggal diam dan jangan hanya jadi penonton. Koperasi wajib hadir sebagai pelaku dan pemainnya”, tambahnya.

Tri Harsono menilai, jumlah koperasi di Tuban yang mencapai 1000 lebih koperasi, merupakan asset yang sangat berharga dan strategis yang dapat mendukung perolehan PDRB di Tuban. Oleh karena itu, koperasi harus dikelola dengan baik agar lebih profesional.

Good will pemerintah kabupaten Tuban yang sangat positif terhadap gerakan koperasi menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan koperasi di Tuban. Oleh karena itu, pihaknya berharap Dekopinda Tuban dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tuban. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena di Jawa Timur masih banyak beberapa daerah yang masih belum bersinergi dengan Dekopinda.

“Tentunya kami memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Tuban karena sudah bersinergi dengan Dekopinda Tuban dalam menumbuh kembangkan koperasi di Tuban. Semoga sinergisitas ini tetap harmonis dan tetap terjaga dengan baik”, ungkapnya.

Secara khusus Tri Harsono mengingatkan agar koperasi di Tuban pada umumnya dan Dekopinda Tuban pada khususnya perlu melibatkan partisipasi generasi millenial dalam membangun koperasi di Tuban.

Menurutnya, partisipasi generasi millenial dinilai mampu memberikan sentuhan magic dan spesial yang dapat meningkatkan kinerja koperasi. Generasi millenial memiliki daya jelajah yang sangat kuat. Karena mereka ditopang oleh kemampuan yang masih fresh dan semangat yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, responcibilty generasi millenial terhadap perkembangan teknologi digital dan informasi jauh lebih tinggi daripada generasi tua. Hal tersebut dipandang sangat penting karena sangat dibutuhkan dalam ikut berpartisipasi dalam mensukseskan revolusi industri 4.0.

Tri Harsono menilai, fakta di lapangan, hampir mayoritas koperasi dikelola oleh generasi tua sehingga kecepatan bersaing dengan pelaku usaha lain jauh tertinggal. Oleh karena itu, partisipasi generasi millenial sangat dibutuhkan khususnya pada manajerial dan IT.

“Revolusi Industri 4.0 mewajibkan kita untuk berubah dan berbenah. Sudah saatnya koperasi harus mampu menguasai teknologi. Solusinya, hanya dengan melibatkan/menggandeng generasi muda/millennial yang penuh kreatifitas dan menguasai teknologi koperasi bisa bersaing dengan yang lain. Mereka adalah kader masa depan koperasi”, Tandasnya. [Elc]

 

Berita Lainnya