Riset Koperasi Dapat Ciptakan Peluang Usaha Baru

(Ketua Bidang Kemaritiman Dekopinwil Jatim, Drs. Amin Sunarto Saat Memberikan Sambutan Pada Kegiatan Deseminasi Hasil-Hasil Penelitian)

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Riset atau penelitian memiliki dampak positif dan posisi yang strategis bagi pengembangan koperasi. Setidaknya, melalui riset, koperasi bisa menemukan solusi terhadap berbagai problem yang dialaminya. Bahkan, bisa merubah suatu masalah menjadi peluang. Selain itu, bisa memetakan dan menginventarisir peluang usaha yang prospektif untuk dikembangkan di koperasi. Hal tersebut disampaikan oleh ketua Bidang Kemaritiman Dekopinwil Jatim, Drs. Amin Sunarto saat memberikan sambutan pada kegiatan Desiminasi Hasil-Hasil Penelitian Di Bidang Perkoperasi di Hotel deKopen, Selasa (17/12/2019).

“Riset atau penelitian itu sangat penting. Melalui riset, kita bisa menemukan solusi atas problem dan mampu menginventarisir peluang usaha yang sangat prospektif”, ujarnya.

Amin Sunarto menjaskan bahwa riset atau penelitian merupakan pengejawatan dari tugas dan fungsi Dekopin yaitu Edukasi, Fasilitasi dan Advokasi. Oleh karena itu, Dekopinwil Jatim berupaya menyajikan data dan rekomendasi melalui riset terkait dengan solusi dan peluang usaha yang perlu diaplikasikan di koperasi.

Bahkan, melalui riset, koperasi dapat membuat rencana usaha jangka pendek dan usaha jangka panjang secara terukur dan terarah serta mampu meminimalisir resiko.

“Pasti sangat berbeda hasilnya antara yang melalui riset dengan yang hanya grusa-grusu saja. Dengan riset kita akan mengetahui peluang usaha baru yang bisa diterapkan di koperasi. Yang paling penting adalah program jangkan pendek dan jangka panjang dapat terukur dan terarah dan minim resiko”, tandasnya.

Perlu diketahui bahwa, pada saat ini, Dekopinwil Jatim sedang melakukan beberapa penelitian. Diantaranya adalah penelitian tentang kelembagaan dan usaha koperasi mahasiswa, penelitian tentang pola hubungan usaha antara koperasi primer dan sekundernya, dan penelitian tentang usaha koperasi produksi di bidang agrobisnis, kemaritiman dan handycraft.

Melalui Penelitian tersebut, Dekopinwil Jatim berharap mampu menginventarisir problem, solusi, tantangan dan peluang usaha baru yang bisa diterapkan oleh koperasi. [Elc]

 

Berita Lainnya