Rakerda Dekopinda Kabupaten Malang Tahun 2019 Usung Sinergisitas Gerakan Koperasi Menuju Koperasi Kuat, Sehat, Tangguh dan Berdaya Saing

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Perkembangan teknologi pada berbagai segi kehidupan menjadi suatu keniscayaan untuk dihindari. Bahkan, mengharuskan seluruh lembaga masyarakat termasuk koperasi didalamnya mengadakan penyesuaian. Oleh karena itu, dorongan dan daya dukung seluruh komponen pembina koperasi diperlukan untuk mendayagunakan potensi koperasi menjadi organisasi ekonomi yang handal, berdaya guna dan berdaya saing untuk berorientasi pada kepentingan dan kesejahteraan bersama. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dekopinda Kabupaten Malang, H. Aloewi saat memberikan sambutan pada Rapat Kerja Dekopinda Kabupaten Malang di Aula Kantor Dekopinda Kabupaten Malang Jl. Tlogomas Barat Kabupaten Malang, Sabtu (04/05/2019).

“Koperasi harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar bisa menjadi badan usaha yang kuat, sehat dan berdaya saing demi kesejahteraan bersama”, tuturnya

Tidak hanya itu, H. Aloewi mengatakan bahwa pada pembahasan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja Tahun 2019, perlu adanya suatu perhatian khusus tentang aspek kelembagaan, organisasi dan administrasi, aspek pengembangan SDM, Permodalan, usaha dan pemasaran.

Menurut H. Aloewi aspek permodalan terutama menyangkut pemupukan modal sendiri, pendidikan perkoperasian, serta tetap mempertimbangkan dan memperhatikan kekuatan, kelemahan internal koperasi, peluang dan hambatan eksternal koperasi. Sehingga pelaksanaan RK/RAPB tidak terjebak pada kegiatan yang sifatnya rutinitas saja,

“Permodalan koperasi harus mempertimbangkan aspek internal dan eksternal. Agar pelaksanaan RK/RAPB tidak hanya formalitas dan rutinitas saja. Tetapi harus bermanfaat langsung terhadap perkembangan koperasi”, tuturnya.”

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bidang Pengkajian Strategis Pengembangan Koperasi Dekopinwil Jatim, DR. Herman Suryokumoro, SH.M.S menurutnya Rakerda bermanfaat bagi anggota dan gerakan koperasi se – Kabupaten Malang untuk mengevaluasi program kerja yang telah dicanangkan untuk membahas capaian pelaksanaan program kerja pengurus Dekopinda Tahun 2018 dan membahas Rencana program kerja Tahun 2019. Oleh karena itu, program kerja yang direncanakan harus efektif dan bermanfaat langsung pada koperasi.

“Pertama kami memberikan apresiasi pada Dekopinda Kabupaten Malang karena telah melaksanakan Rakerda. Kami berharap program kerja yang direncanakan lebih efektif dan berdampak langsung pada pengembangan koperasi”, ujarnya.

Tidak hanya itu, Menurut Herman Suryo Kumoro, Rakerda menunjukkan pengelolaan telah dilakukan dengan tepat dan perangkat organisasi koperasi berfungsi dengan baik sesuai yang telah diamanatkan dalam undang – undang Perkoperasian. Rakerda yang tepat waktu menandakan bahwa Dekopinda Kab. Malang sehat, AD/ART Dekopinda bersifat nasional dan satu-satunya Organisasi yang AD/ART nya ditetapkan berdasarkan Kepres”, terangnya.

Sementara itu, Kasi Penyuluhan dan Pengembangan SDM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, Sri Sudjiani, SE menyambut baik terselenggaranya Rakerda Dekopinda Kabupaten Malang. Pihaknya berharap Rakerda tersebut dapat membawa perubahan dan meningkatkan pelayanan kepada anggota dan dapat meningkatkan sinergitas gerakan koperasi di Kabupaten Malang menuju koperasi yang sehat dan kuat.

“Kami berharap Rakerda ini dapat membawa perubahan dan meningkatkan sinergisitas gerakan koperasi menuju koperasi yang sehat dan kuat, ujarnya.

Sri Sudjiani berpandangan bahwa koperasi sebagai salah satu dari 3 komponen pelaku kegiatan ekonomi nasional disamping BUMN dan swasta, dituntut pula menjadi soko guru perekonomian rakyat. Menurutnya koperasi harus jadi tulang punggung atau pilar perekonomian nasional. Bahkan pemerintah sangat berharap koperasi khususnya KUD dapat tumbuh dan berkembang baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang berharap kepada Dekopinda dapat memberikan motivasi dan semangat kerja yang tinggi kepada koperasi yang ada di wilayah Kabupaten Malang untuk bisa mengembangkan organisasinya terutama memperbaiki sistem manajemen agar lebih baik lagi kedepannya dengan semakin sehat dan maju. Dengan perencanaan yang matang untuk mencapai visi dan misi Dekopinda yang telah ditetapkan.

“Kita harus satu bahasa tidak dapat dipisahkan. Ada sinergi dan punya kesepakatan dalam memberdayakan koperasi dan usaha Mikro sesuai UU. No. 25 Tahun 1992 bahwa kita akan hidupkan koperasi dan Usaha Mikro yang ada di Kabupaten Malang”, tegas Sri Sudjiani. [Erl]

Berita Lainnya