Produk Koperasi Harus Bisa Tembus Pasar Ekspor

(Ketua Dekopinwil Jatim bersama Pemateri Workshop Ketahanan Pangan)

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono mengatakan bahwa produk-produk koperasi harus ditingkatkan kualitasnya agar dapat diterima oleh konsumen. Bahkan jika perlu bisa di ekspor keluar negeri. Pihaknya berharap koperasi lebih kreatif dan inovatif baik dalam hal produk, kemasan maupun sistem penjualannya.

“Jangan hanya berfikir bahwa produk koperasi hanya akan dikonsumsi oleh anggota atau kalangan koperasi saja. Harus punya maindset bahwa produk ini bisa diterima oleh konsumen diluar koperasi. Bahkan kalau perlu produk koperasi harus menembus pasar ekspor. Oleh karena itu, perbaiki kualitas produk dan kemasannya. Buatlah sistem marketing yang mengikuti revolusi industri 4.0”, kata Tri Harsono pada saat memberikan sambutan pada kegiatan Workshop dibidang Ketahanan Pangan dalam rangka penguatan jaringan antar gerakan koperasi sangat strategis di Hotel Batiqa Surabaya, Kamis (31/10/2019).

Tri Harsono mengungkapkan bahwa melalui Dekopinwil Jatim, pihaknya akan memfasilitasi dan mendorong agar koperasi semakin semangat untuk berproduksi sekaligus membantu pemasarannya.

Menurut Tri Harsono Jaringan pemasaran koperasi harus diperkuat. Paling tidak antar koperasi sehingga produk koperasi lebih cepat habis terserap konsumen yang notabene adalah anggota koperasi. Sehingga secara otomatis memacu koperasi untuk berproduksi secara kontinyu. Bentuknya adalah kerjasama antar koperasi.

Oleh karena itu Tri Harsono berharap pada kegiatan tersebut menjadi momentum terjalinnya kerjasama antar koperasi.

“Saya berharap kegiatan ini bisa menghasilkan sesuatu yang konkrit yaitu kerjasama antar koperasi. Hanya dengan itu jaringan pemasaran koperasi semakin kuat”, pungkasnya.
Perlu diketahui bahwa kegiatan tersebut dihadiri dari unsur KUD, Kopwan, Kooerasi Pertanian, koperasi karyawan Perhutani dan koperasi UMKM dari wilayah Kediri, Blitar, Tulungagung, Nganjuk dan Jombang. [Elc]

Berita Lainnya