Pentingnya NIK Bagi Koperasi

 

Batu, PipNewsJatim.Com – Rapat koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Koperasi tahun 2019 pada materi ke 2 yang disampaikannya membahas mengenai pentingnya NIK bagi Koperasi menarik para peserta dalam kegiatan tersebut.

Dalam paparannya beliau (Chepi Sukur Laksana, SH, MM Red) kenapa koperasi harus melakukan pendataan terkait dengan NIK. Alasan diberlakukannya pendataan NIK didasari atas 3 hal, diantaranya (1). Pendataan masih manual, (2). Masih banyak duplikasi dari pendataan koperasi, baik nama maupun badan hukum, (3). Data koperasi banyak yang belum aktif.

” Pendataan NIK koperasi tersebut didasari atas permen No.10 tahun 2016 tentang pendataan koperasi dan UKM. Sampai saat ini yang masih kita data adalah pendataan NIK sedangkan pendataan UKM masih berjalan” katanya

Beliau juga menambahkan “Di UKM sendiri itu sudah ada izin usaha mikro, meskipun tidak semua pelaku UKM mengetahui informasi terkait proses pembuatan izin tersebut. Masih sedikit sekali para pelaku UKM yang mengetahui” Katanya.

Melanjutkan paparannya mengenai NIK, maksud dan tujuan terkait pendataan NIK tersebut, diantaranya : (1). Menertibkan badan hukun yang hingga saat ini masih belum sesuai, (2). Memudahkan pelayanan informasi dan hukum. Terkait pendataan dapat dilihat di web kita ODS.

Sedangkan, tujuan pemberian sertifikat (NIK, Red) yaitu memverifikasi koperasi terkait keaktifan dalam Kelembagaan dan Usaha, memudahkan monitoring dalam rangka mengembangkan koperasi secara terarah dan tepat sasaran memalui program peningkatan daya saing maupun penguatan kelembagaan koperasi, dalam hal ini dapat memudahkan kita dalam mengukur perencaan kita pada tahun 2019, serta mendorong terjalinnya kemitraan dengan lembaga lainnya seperti BUMN, BUMD dan lembaga lainnya.

“Manfaat pendataan NIK ini untuk para Pelaku Koperasi dapat menjadi syarat pemberian rekomendasi usaha” pungkasnya. [FZ]

Berita Lainnya