Pendidikan Anggota Ruh Dari Koperasi

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Ketua Bidang Diklat dan Kelembagaan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jatim, Drs. Joko Rokhani Sanjaya, MM menyampaikan bahwa pendidikan anggota merupakan ruh dari koperasi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, menurutnya, SDM Koperasi merupakan modal utama dalam membangun koperasi. Karena, maju mundurnya koperasi tergantung pada pengurus, dan mati hidupnya koperasi tergantung pada anggota. Hal tersebut disampaikan saat membuka acara Pelatihan Pemandu Dasar II, Hotel Pelangi Malang, Senin (26/11/2018).

“Pendidikan itu ruh koperasi. Karena dengan pendidikan, SDM koperasi akan meningkat dan berbanding lurus dengan meningkatnya partisipasi anggota”, ujarnya.

Joko RS tidak menampik bahwa stagnasi yang selama ini terjadi di koperasi, salah satu faktornya adalah minimnya pendidikan anggota. Oleh karena itu, pihaknya melalui Dekopinwil Jatim akan terus melakukan pelatihan dan diklat yang merupakan salah satu peran dan fungsi Dekopin. Salah satu caranya adalah dengan memberikan peran yang maksimal pada Lembaga Pendidikan Perkoperasia (Lapenkop).

Menurut Joko RS, Lapenkop merupakan garda terdepan Dekopin dalam meningkatkan profesionalisme koperasi. Lapenkop berperan dalam melahirkan pemandu yang handal dan profesional. Dimana, pemandu akan memberikan sentuhan positif dalam meningkatkan SDM di koperasi masing-masing.

“Kami akan memberikan peran yang maksimal pada Lapenkop. Mereka adalah ujung tombak koperasi”, ungkap Joko RS.

Update Modul-Modul Koperasi

Memasuki era revolusi Industri 4.0 modul-modul pelatihan dan diklat harus diupdate menyesuaikan dengan zamannya. Hal tersebut juga berlaku pada sistem dan metode dalam melakukan pelatihan dan diklat.

Menurut Joko RS, update dan modernisasi modul dan metode pelatihan sudah menjadi keniscaayaan. Karena apabila modul dan metode masih menggunakan pakem lama, maka hasilnya pun akan tetap sama seperti sebelumnya. Oleh karena itu pihaknya akan berupaya segera mungkin untuk melakukan update modul dan metode pelatihan yang dapat disajikan secara renyah, efektif dan modern.

“Kami akan Update modul dan metode pelatihan secara renyah dan modern”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Lapenkop Jatim, Ahmad Sofyan menyampaikan kesiapannya mensukseskan program Dekopinwil Jatim dalam mencetak pemandu dan pelatih koperasi yang profesional.

“Kami siap mensukseskan program Dekopinwil Jatim mencetak pemandu dan pelatih yang profesional”, tutur Sofyan. [Elc]

Berita Lainnya