Lapenkopda Kota Mojokerto Gelar Hari UMKM Internasional 2019

(Kepala Lapenkopda Kota Mojokerto Bersama Pimpinan Dekopinda Kota Mojokerto dan Pemateri Workshop) 

 

Mojokerto, PipNewsJatim.Com – Lapenkopda Kota Mojokerto rupanya sangat menaruh perhatian terhadap perkembangan UMKM di daerahnya. Salah satunya adalah dengan menggelar Hari UMKM Internasional 2019.

Kepala Lapenkopda Kota Mojokerto, Abdul Rahman mengatakan bahwa Hari UMKM Internasional 2019 ini adalah momentum untuk memperkuat eksistensi dan meningkatkan kuitas UMKM. Bahkan, pihaknya berharap, kedepan UMKM tersebut membuat sebuah perkumpulan dalam bentuk koperasi.

Menurut Abdul Rachman untuk membangun koperasi yang kuat dan maju, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membangun sektor UMKM. Karena UMKM adalah pondasi yang kuat untuk membangun Koperasi yang kuat.

Abdul Rachman menambahkan bahwa selama ini, koperasi hanya dibangun berdasarkan keinginan untuk hidup sejahtera bersama ssja. Tetapi secara personal anggotanya masih belum memiliki usaha yang jelas. Akibatnya, banyak koperasi yang tidak mampu bertahan dan cendrung berjalan ditempat bahkan bubar.

Langkah tersebut, terinspirasi dari koperasi di mancanegara, bahwa koperasi tidak hanya dibangun dengan keinginan untuk sejahtera secara bersama-sama dan anggotanya pun adalah mereka yang sudah mapan secara ekonomi. Sehingga secara otomatis koperasi baik dari segi produk dan permodalannya pun sangat kuat.

“Untuk membangun koperasi itu tidak hanya karena adanya niat untuk sejahtera secara bersama-sama. Tetapi juga harus diikuti dengan sejauh mana anggota itu sudah memiliki usaha atau tidak. Karena hal tersebut berkaitan dengan permodalan usaha koperasi tersebut”, ungkapnya, Rabu (26/06/2019).

(Peserta Workshop dan Hari UMKM internasional 2019)

Hari UMKM Internasional tersebut di gelar di Gedung Dekopinda Kota Mojokerto yang melibatkan pelaku UMKM se-Jawa Timur. Rangkaian acaranya adalah Seminar & Workshop, Gelar Produk dan Halal Bi Halal, Konsultasi Usaha dan Uji Kompetensi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Mojokerto, Suhariyanto yang juga turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan Hari UMKM Internasional 2019 tersebut. Menururtnya, kegiatan tersebut turut membantu pemerintah daerah kota Mojokerto dalam pembinaan UMKM.

Pihaknya berharap Pertemuan ini dapat dijadikan sebagai media komunikasi dan bersinergi sesama pelaku UMKM dengan maksud dapat meningkatkan usaha mereka.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi kegitan tersebut. Kegiatan ini membantu kami dalam memberikan pembinaan terhadap UMKM”, Pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya