Kopwan Setia Bhakti Wanita Jawa Timur, Launching Tokoku SBW

(Ketua Umum Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Jawa Timur, Indra Wahyuningsih, SH, M.Hum)

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, Ecomerce dan Layanan online menjadi tantangan bagi koperasi. Produk koperasi harus bisa diakses dimana saja dengan alat apa saja. Termasuk didalamnya produk koperasi yang berbasis keuangan, sudah harus bisa diakses melalui fintech.

Trend teknologi digital saat ini menjadi gaya hidup generasi millenial. Sistem tanggung renteng yang menjadi icon dan branding Kopwan Setia Bhakti Wanita Jawa Timur kini dihadapkan dengan live style generasi millenial. Oleh karena itu, Kopwan Setia Bhakti Wanita Jawa Timur menyusun program yang lahir dari tangan wanita millenial.

“Kopwan Setia Bhakti Wanita Jatim memiliki program wanita millenial. Alhamdulillah, dari tangan mereka sudah tercipta sebuah aplikasi yaitu Tokoku SBW”, ujar Ketua Setia Bhakti Wanita Jatim, Indra Wahyuningsih, SH, M.Hum saat memberikan sambutan pada RAPB Tahun buku tahun 2020 di Gedung Wanita Candra Kencana Surabaya. Senin (23/12/2019).

(Suasana Rapat Anggota yang membahas rencana kerja dan RAPB Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Jawa Timur)

 

Indra Wahyuningsih mengatakan aplikasi Tokoku SBW ini akan dimanfaatkan untuk mempermudah anggota dalam melakukan transaksi pembelian produk di toko Kopwan SBW. Aplikasi tersebut dirancang secara khusus hanya untuk anggota Kopwan SBW, bukan untuk umum. Bahkan, pihaknya berjanji, kedepan akan terus berinovasi membuat aplikasi yang dapat mempermudah kebutuhan anggota.

Indra Wahyuningsih berharap dengan adanya aplikasi Tokoku SBW akan meningkatkan omset Kopwan SBW. Pada kesempatan tersebut, disaksikan Pejabat Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Ketua Dekopinwil Jatim, Ketua Puskowanjati, Ketua Dekopinda Kota Surabaya, Pejabat Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya, Mitra Kopwan SBW dan tentunya ketua kelompok dan sebagian anggota Kopwan SBW yang berjumalah sekitar 1.000 orang lebih, Indra Wahyuningsih secara resmi melaunching Aplikasi Tokoku SBW.

“Bismillahirrahmanirrahim… Atas Ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Secara resmi aplikasi Tokoku SBW, kita launching”, ujarnya yang diiringi dengan tepuk tangan seluruh anggota dan undangan.

“Aplikasi Tokoku SBW ini hanya untuk anggota, bukan untuk umum. Anggota akan dibekali dengan username dan password yang diketahui secara personal. Kami berharap aplikasi ini dapat mendongkrak omset dari toko SBW yang awalnya Rp. 1,5 Milyar/bulan menjadi Rp. 2,08 Milyar/bulan atau Rp. 25 Milyar/tahun”, jelasnya.

Targetkan SHU 2,25 Milyar
Pada Rapat Anggota yang membahas Rencana Kerja dan RAPB Tahun Buku 2020 Kopwan SBW memiliki beberapa target. Salah satunya adalah Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp. 2,25 Milyar setelah dikurangi pajak. Sedangkan omset yang akan dicapai Rp. 307,2 Milyar dan asetnya sebesar Rp. 246,6 Milyar.

Indra Wahyuningsih optimis bisa mencapai target tersebut. Untuk merealisasikannya, pihaknya akan mengoptimalkan seluruh bidang usaha yang dimiliki Kopwan SBW. Dan dengan memanfaatkan aplikasi digital sehingga anggota akan terdorong secara maksimal untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong bidang usaha yang ada.

“Tentunya kami sangat optimis bisa mencapai target tersebut. Kami akan mengoptimalkan partisipasi anggota. Karena itu merupakan modal utama kami”, ungkapnya.

Tidak hanya itu, untuk mencapai target, pihaknya akan berupaya untuk menambah anggota. “Kami berupaya akan menambah 300 orang untuk menjadi anggota dan membentuk 5 kelompok ekonomi dan melakukan survey terhadap kelompok lama”, tuturnya.

Dibidang pertokoan, pihaknya akan melakukan pemambahan 10 stockist yang ditopang menggunakan teknologi digital. Sedangkan di Bidang simpan pinjam, pihaknya akan melakukan menambah dari Rp. Rp. 13 juta menjadi Rp. 15 juta. Hal tersebut juga akan ditopang menggunakan fintech.

(Rencana Gedung Kopwan Setia Bhakti Wanita Jatim)

 

Selain itu, pihaknya akan melakukan relokasi kantor Kopwan SBW dari yang semula hanya 2 lantai menjadi 5 lantai. “Kita akan bangun gedung 5 lantai. Gedung itu akan menjadi kebanggaan seluruh anggota Kopwan SBW Jatim”, pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya