Kopma Unesa Tingkatkan Kualitas Anggota Melalui Diklat Menengah Koperasi

Peserta Diklat Menengah KOPMA UNESA

 

Surabaya, PIPNewsJatim.Com – Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (KOPMA UNESA) Menggelar Diklat Menengah Koperasi (DIMENKOP) pada Sabtu-Minggu (25-26/11/2017) bertempat di Gedung G2 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Acara diklat ini dibuka oleh Dita Martha Ningrum (Ketua Umum Kopma Unesa) mewakili Pembina Kopma Unesa Drs. Joni Susilowibowo M.Pd yang berhalangan hadir.

Acara ini di ikuti oleh anggota koperasi mahasiswa yang telah mengikuti diklat dasar Koperasi (DIKSARKOP). Peserta DIKMENKOP Tidak hanya diikuti oleh anggota Kopma Unesa saja, namun juga di ikuti oleh anggota Kopma lain seperti Kopma PGRI Adi Buana, Kopma Al-Kautsar IAIN Tulungagung, dan Kopma Unusa. Diklat Menengah Koperasi bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan anggota dalam manajemen koperasi sehingga mampu menjadi kader koperasi yang produktif.

“Sumber Daya Manusia merupakan faktor terpenting dalam pencapaian tujuan sebuah Koperasi,”  Ujar Dita Martha Ningrum, Ketua Umum Kopma Unesa, saat memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut. Sabtu (25/11/2017).

Untuk itu, menjadi suatu keharusan bagi Koperasi mahasiswa memastikan bahwa sumber daya manusia yang dimiliki merupakan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui diklat menegah diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh koperasi mahasiswa.

Acara ini terbagi menjadi dua kegiatan selama dua hari yaitu penyampaian materi yang dilaksanaan pada hari pertama dan praktik pada hari kedua. Kegiatan penyampaian materi meliputi penyampaian materi mengenai dasar-dasar komunikasi, Pengetahuan Koperasi menengah, Kepemimpinan Tingkat Menengah dan Manajemen Perkoperasian. Sedangkan kegiatan praktek meliputi Direct Selling, Praktek dalam surat menyurat dan administrasi anggota, praktek keuangan koperasi, rencana usaha, menerima anggota, dan mengkonsep sebuah acara.

“Dikmen ini sangatlah bermanfaat bagi anggota koperasi karena di dikmen ini kita bisa mendapatkan wawasan yang luas tentang koperasi dan dikmen yang diadakan oleh kopma unesa ini sangat menyenangkan dan menarik untuk di ikuti” ujar Berlian, salah satu peserta dari Kopma PGRI Adi Buana Surabaya.

Berlian berharap agar kegiatan dikmenkop seperti ini bisa dilaksanakan dan diikuti oleh kopma lain di setiap tahunnya. Karena mengingat masih banyak anggota koperasi mahasiswa di kampus lain yang belum mendapatkan pendidikan Dikmen. Selain itu dia juga berharap agar apa yang telah didapatkan di dikmen ini bisa di terapkan di koperasi masing-masing.[Arif]

Berita Lainnya