Koperasi Sudah Banyak Menggunakan IT

(DR. Agung Sudjatmoko)

 

Opini, PipNewsJatim.Com – Menanggapi keraguan Menteri Koperasi terkait dengan perkembangan koperasi karena dianggap kaku dalam mengembangkan siatemnya. Saya menilai bahwa ada informasi yang belum terserap oleh Pak Menteri terkait dengan kondisi koperasi dilapangan. Banyak koperasi telah menggunakan sistem aplikasi yang online. Koperasi banyak yang ramah dengan teknologi informasi. Banyak sistem yang telah di kembangkan oleh koperasi maupun swasta yang teknologinya telah di gunakan. Di lingkungan koperasi kredit telah dikembangkan sistem aplikasi sikundo, sikopdit, cuso di ratusan koperasi. Dan masih ada lagi sistem yang dijalankan oleh koperasi seperti ussi, sakti link, aulia soft dan lain sebagainya yang telah digunakan oleh koperasi. Hal itu belum lagi koperasi yang telah mengembangkan sistem aplikasi seperti di Kospin Jasa Pekalongan, KSP Sahabat Jakarta, Kopdit Obor Mas, dan lain-lain telah mengembangkan sistem aplikasi pengelolaan bisnisnya bahkan telah mampu bersaing dengan pelaku bisnis lainya.

Koperasi Sahabat Mitra Sejati bahkan telah memiliki teknologi finansial Sobatku merupakan simpanan online yang telah besaing dengan perusahaan fintech yang ada.

Perlu Paradigma Baru Bangun Koperasi

Kementerian Koperasi harus lebih fokus membangun koperasi. Ada beberapa langkah yang harus di lakukan oleh Pak Menteri untuk membangun paradigna baru organisasi dan bisnis koperasi sesuai dengan visi Presiden yaitu: a). Meningkatkan kapitas dan kualitas SDM dengan kebijakan dan program training yang sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan teknologi, b). Penguatan akses bisnis dan financial bagi koperasi dari lembaga pembiayaan, c). Memperkuat pengembangan koperasi pada bisnis sektor riil bidang pertanian, perikanan, perkebunan, kehutanan, dan kelautan, d). Membangun centre of exelence pengembangan inovasi dan kreatifitas bagi koperasi, e). Mendorong munculnya koperasi di kelompok strategis baik generasi milenial dan kaum perempuan, dan f). Mendorong modernisasi manajemen koperasi dan memanfaatkan IT. Itu berbagai kebijakan dan program strategis yang harus diputuskan oleh Pak Menteri. Tidak ada pilihan lain buat Pak Menteri untuk santai, harus ada percepatan dan komitmen kuat untuk membangkitkan koperasi dimana sekarang dan mendatang.

 

Penulis : DR. Agung Sudjatmoko (Ketua Harian Dekopin)

Berita Lainnya