Koperasi Harus Terlibat Dalam Mengelola Potensi SDA di Tulungagung

(Ketua Dekopinwil Jatim Sedang Menyampaikan Materi Pada Sarasehan Koperasi Di Tulungagung)

 

Tulungagung, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono menyampaikan bahwa bahwa koperasi di Tulungagung yang jumlahnya lebih dari 900 koperasi, merupakan asset yang bisa dipakai sebagai penggerak disemua sektor usaha untuk mengekploitasi potensi sumber daya ekonomi yang ada di Tulungagung. Hal tersebut disampaikan pada saat menjadi pemateri dalam Sarasehan dalam rangka memperingati Hari Koperasi Ke – 72 dengan Tema Membangun Sinergisitas dan Optimalisasi Koperasi dan Usaha Mikro di Era Digital di Hotel Narita Tulungagung, Selasa (13/08/2019).

Letak geografis Tulungagung yang berada di pesisir Selatan pulau Jawa, memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa. Mulai dari Laut, berpotensi untuk usaha perikanan dan wisata laut. Daratan berpotensi untuk usaha pertanian dan tambang. Sedangkan pegunungan berpotensi untuk usaha perkebunan berupa buah-buahan dan sayuran.

“Ini semua merupakan sumber daya alam yang nilai ekonominya luar biasa. Belum lagi sektor pariwisatanya. Dengan 900 lebih lembaga Koperasi yang ada di Tulungagung, maka koperasi seharusnya bisa maju dan berkembang”, ujar Tri Harsono.

Tri Harsono berharap agar koperasi di Tulungagung dapat merubah mainset dan wawasannya. Menurutnya, koperasi adalah lembaga usaha yang sama dengan lembaga usaha lain. Meskipun sejatinya berbeda pada cara pengelolaannya.

Dalam rangka mengoptimalkan keberadaan itu semua, Dekopinwil telah memfasilitasi perangkat sarananya dalam bentuk Aplikasi Online berbasis android yaitu ToMiKo yang baru saja dilaunching oleh Gubernur Jatim. Tomiko tersebut dapat dimanfaatkan oleh koperasi untuk memasarkan dan menjual hasil-hasil produknya.

“Ini sekaligus menjawab tantangan diera digitalisasi saat ini”, tegasnya.

Tri Harsono menambahkan, dalam rangka kaderisasi, Dekopinwil Jatim juga telah menyiapkan tenaga-tenaga muda melalui kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Jatim yang akan membantu untuk berinovasi dan berkreatifitas di koperasi.

“Mereka merupakan yunior dan kader koperasi yang mempunyai sumber tenaga, kreatifitas dan inovasi. Sedangkan kita yang senior saat ini merupakan sumber Pengalaman yang bisa membimbing mereka nantinya. Sukses koperasi di Tulungagung”, tandasnya. [Elc]

Berita Lainnya