Koperasi Dipandang Negatif, Lalu Salah Siapa ?

 

Opini, PipNewsJatim.Com – Mengapa koperasi selalu dipandang negatif dimasyarakat? Kalau menurut saya kenapa koperasi kerap dipandang negatif dan sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat kita bukan tanpa alasan. Selama ini dalam pemberitaan-pemberitaan yang sering kita temui bahkan kita lihat baik media online dan media cetak lebih banyak menampilkan berita-berita negatif yang dilakukan oleh “oknum-oknum” koperasi.

Sangat sedikit pengerak perkoperasian yang peduli dengan berita-berita “miring” yang kerap menyudutkan bahkan memberikan citra negatif. Padahal setiap diri kita mampu dan dapat untuk memberikan sumbangsih terhadap citra koperasi yang lebih baik. Bukankah kita sudah difasilitasi dengan adanya media online perkoperasian seperti pipnewsjatim.com ataupun pipnews.co.id dimana kita dapat menulis serta memberikan informasi terkait koperasi. Namun sayang, minat menulis kita masih cukup rendah. Bukan hanya dari pengerak-pengerak perkoperasian namun masyarakat pada umumnya juga masih sangat minim minat baca dan tulisnya.

Seperti dilansir dalam dari sebuah media, Koperasi dipandang negatif, lalu salah siapa? Minat baca dan minat menulis masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan negara di ASEAN. Lembaga survei internasional menunjuk tingkat literasi masih rendah. Dari Survei yang dilakukan PISA (Programme for International Student Assessment-red) dari 61 negara yang disurvei, Indonesia di posisi 60, satu dari yang terbawah.

Mungkin tidak sepenuhnya kita menyalahkan para pengerak koperasi yang enggan dalam menulis kegiatan atau mempromosikan kegiatannya,

mungkin saja minimnya sosialisasi serta pengenalan terkait kepenulisan yang kurang tersebar luas. Padahal banyak keuntungan yang didapat , salah satunya koperasi yang ada di daerah penulis dapat dikenal masyarakat luas.

 

Penulis : Anang Fauzi (Mantan Ketua FKKMI Jatim)

 

Berita Lainnya