KKN 09 UMM Inisiasi Terbentuknya Koperasi Trans Surya Abadi

(Sekretaris Dekopinda Kota Malang Bersama Mahasiswa KKN 09 UMM)

Malang, PipNewsJatim.Com – Pada kegiatan Penyuluhan dan Pembentukan Koperasi yang diadakan oleh KKN 09 UMM sebagai bentuk pengabdian nyata yang dilakukan untuk mensejahterahkan seluruh Masyarakat yang akan tergabung dalam anggota Koperasi. Kegiatan ini yang diadakan di Dusun Kedampul, Desa Duwet Kecamatan Tumpang. Peserta pada penyuluhan ini adalah masyarakat Dusun Kedampul yang hampir seluruhnya bermata pencaharian sebagai Petani sayuran.

Terselenggaranya kegiatan ini karena banyaknya para petani yang salah satunya Mas Didik berumur 30 tahun yang selalu mengeluhkan harga kebutuhan Pertanian (Bibit, Pupuk dan Pestisida) harga yang sangat tinggi tidak sebanding dengan hasil panen yang mereka dapatkan. Dari hal itu, KKN 09 meneropong bahwa di perlukannya Koperasi sebagai wadah para petani untuk membeli segala kebutuhan Pertanian dengan harga yang jauh lebih murah karena pembelian dalam jumlah banyak oleh Koperasi yang akan memenuhi kebutuhan seluruh anggotanya. Kegiatan tersebut bertempat di balai Dusun Kedampul, Selasa (06/08/2019).

Pada kegiatan Penyuluhan dan Pembentukan koperasi, Arif Pangestu Abitaha selaku Koordinator Desa yang lebih akrab di panggil Arif, pemuda asal Kalimantan Timur ini menyampaikan bahwa Koperasi ini sebagai alat untuk menuju kesuksesan bersama, karena sukses bersama adalah suatu hal mulia untuk manusia lainnya dari pada sukses sendiri. Dan dibantu rekannya, Akbar Satya selaku Wakil Kordinator Desa dan sebagai Kader Pergerakan Koperasi Jawa Timur menyampaikan bahwa “Koperasi tidak dapat dinikmati keuntungannya dalam waktu yang singkat tetapi perlu waktu dan proses dalam membangun Koperasi”, tutur Akbar Satya.

Pria Asal Surabaya itu menyampaikan Optimistisnya bahwa Koperasi ini bisa sukses yang luar biasa dalam Waktu 4 hingga 8 Tahun kedepan mengingat potensinya yang luar biasa.

“Saya yakin 4 – 8 tahun kedepan koperasi akan memasuki masa kejayaannya. Koperasi akan sukses jika di jalankan sebagai mana mestinya dan adanya dukungan penuh dari seluruh Anggotanya”, tegas Akbar Satya.

(Suasana Pembentukan Koperasi Oleh Mahasiswa KKN 09 UMM)

Bapak Izzudin Arief, selaku TPL (Team Pembimbing Lapangan) KKN 09 Mengatakan dalam Sambutannya beliau mengatakan bahwa ini adalah hal yang luar biasa satu langkah kemajuan dalam upaya memberikan hal yang bermanfaat untuk para Petani ataupun Desa setempat dengan adanya Koperasi.

Pada kegiatan tersebut adanya Pemateri Bapak Priyanto Budi Santoso dari Dekopinda Kota Malang. Beliau Menjelaskan tentang Koperasi dari segala hal agar dapat di fahami oleh peserta tersebut. Adanya Antusias dari para peserta terhadap Materi yang dibawakan sehingga waktu yang seharusnya lama seakan menjadi waktu yang singkat pangkasnya.

Setelah kegiatan Penyuluhan usai kegiatan tersebut di lanjutkan acara Pembentukan Koperasi yang di Saksikan oleh Teman-teman KKN, TPL (Team Pembimbing Lapangan) dan Pemateri. Sehingga acara tersebut dapat berjalan lancar. Sehingga terpilihnya Bapak Andi Saputro sebagai Ketua Koperasi. Adanya kesepakatan untuk memberikan nama Koperasi dan Logo Koperasi, dalam proses itu Teman-teman KKN 09 membantu memberikan beberapa nama Koperasi dan Logo Koperasi, sehingga terpilihnya nama “Koperasi Trans Surya Abadi” yang di dalam nya mengandung makna yang luar biasa dan beberapa filosofi.

KKN 09 UMM sepakat untuk mendampingi proses berjalannya Koperasi hingga mandiri meskipun agenda kegiatan KKN telah usai. Bapak Yaris Adhial selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) beliau mengatakan bahwa kita disini bukan hanya 1 bulan seperti yang diagendakan oleh pihak Universitas tetapi kita disini mempunyai waktu yang lama untuk mendampingi Program Kerja Utama kita yaitu Pembentukan Koperasi, dengan begitu kita bisa menyukseskan program kerja tersebut. Harapanya Program KKN 09 ini bisa berkelanjutan dan dapat di teruskan Oleh teman-teman KKN UMM generasi selanjutnya. [ASW]

 

Berita Lainnya