Kiprah  Kopwan Pundi Arta Jaya Di Tengah Menjamurnya Koperasi

 

Malang, PipNewsJatim.Com – AKIK adalah inovasi, terobosan, kerja nyata, kerja cerdas dan kerja iklas juga pedoman yang dipakai supaya kopwan tidak tergilas dengan menjamurnya koperasi yang tumbuh subur  yang bermunculan jimat itu di pakai oleh Kopwan ” Pundi Arta Jaya ” yang bermarkas di Perumahan Griya Permata Alam Blok Kp. 01 Rt. 05 Rw. 15 yang terletak di Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

Jajaran pengurus Koperasi Pundi Arta Jaya, Erlin Sulistyawati selaku ketua, Septina sang Bendahara, Dwi Hapsari selaku Sekretaris,. Befinda dan Siti Handayani yang didapuk sebagai Pengawas mengambil langkah bijak dan tepat sasaran untuk mengembangkan usaha dari simpan pinjam ke arah  usaha ritail dan membiayai usaha anggota yang bervariasi mulai makanan, minuman, aneka handycraft, kuliner  juga properti.

Tidak hanya itu, koperasi Pundi Arta Jaya membantu memasarkan produk anggota melalui online, souvenir, dan event pameran baik di tingkat desa, kecamatan, kabupaten maupun tingkat provinsi, dan mendisplay produk anggota di gerai toko koperasi yang ditata berderet dengan apik dan rapi.

Pengurus menyadari bahwa tulang punggung kemandirian usaha simpan pinjam oleh koperasi tidak terlepas dari anggota yang mempunyai usaha produktif yang menghasilkan produk – produk bernilai tinggi dan menjaga kualitas supaya bisa bersaing di pasar global,  terlebih sudah diberlakukannya MEA.

Kebijakan pengurus  mewajibkan anggota untuk belanja di koperasi milik bersama karena pasar potensial dari usaha koperasi adalah anggota yang  mempunyai peran ganda sebagai pemilik dan sebagai pengguna jasa koperasi. Uang yang dimiliki harus diputar dan diberdayakan di rumah sendiri,maksudnya adalah dalam mencukupi kebutuhan anggota lewat koperasinya sehingga  akan menambah pendapatan koperasi dan akan kembali lagi kepada anggotanya lewat pembagian SHU. Sehingga uang tidak ke mana-mana dari, oleh dan untuk anggota koperasi.

Kedepan banyak pelaku jasa keuangan melakukan terobosan pelayanan terhadap masyarakat luas untuk itu keunggulan berkoperasi sebagai momentum dalam memberikan nilai tambah pelayanan dan dapat memberikan kesejahteraan anggotanya. Kepercayaan yang lebih utama dalam mengelola USP oleh koperasi. Sehingga dapat mendorong masyarakat ambil bagian menjadi anggota. Prinsip dasar USP oleh koperasi penghimpunan dan penyaluran dana dari, oleh dan untuk anggota.

Keberadaan Kopwan Pundi Arta Jaya yang selalu tepat waktu dalam menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) yaitu setiap bulan Januari menunjukkan bahwa koperasinya Sehat dan berkinerja baik juga keberadaannya diakui  oleh  masyarakat. Sehingga  telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar dan membantu geliat perekonomian sebagai motor Penggerak roda Perekonomian di desanya.

“Sejak dibentuk dan Berbadan Hukum 31 Desember 2009 dengan Dana Hibah sebesar Rp. 25 Juta dari Pemprov Jatim, kini dana tersebut telah berkembang menjadi  1,7 milyar dari aset tersebut 80 persen adalah modal sendiri jadi Koperasi ” PAJ ” boleh dibilang Mandiri, dengan jumlah aset tersebut. Pungkas Erlin. [Es]

Berita Lainnya