Ketua Dekopinwil Jatim: Demi Kader Koperasi, Saya Siap Jadi Marketing

 

Lawang, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono mengaku bangga terhadap peserta Gelar Kreasi Pemuda Koperasi (Galaksi). Pasalnya, mereka mampu membuat produk yang layak untuk menembus pasar global.

“Luar Biasa, Kopsis ini mampu membuat produk dengan kualitas yang bagus”, ujar Tri Harsono sesaat setelah mengunjungi tenda-tenda peserta Galaksi di Lapangan Kebun Teh Wonosari Lawang Kabupaten Malang, Kamis (25/04/2019).

Tri Harsono mengaku kaget, pertama kali mengunjungi tenda salah satu peserta, langsung disuguhi teh yang terbuat dari bunga Rosella. “Rasanya enak dan citarasanya khas”, ujarnya.

Tidak hanya itu, ditengah kunjungannya, Tri Harsono disuguhi hasil olahan pisang dari kontingen Kabupaten Lumajang, Songkok dari Kabupaten Gresik, Buah apel dan Blimbing dari Kota Batu, selembar Batik Khas Tuban dari Kontingen Kabupaten Tuban dan lain-lain.

“Mereka sangat Kreatif. Dan yang lebih penting, mereka mampu membuat sebuah produk”, tuturnya.

Melihat fenomena tersebut, Tri Harsono langsung mengambil langkah konkrit. Rencananya, dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil Ketua BKPK yang merupakan Badan Khusus dari Dekopin yang membidangi kepemudaan untuk segera menginventaris produk yang dihasilkan oleh peserta Galaksi. Rencanayanya, produk tersebut akan dipasarkan pada anggota Dekopin.

“Secepatnya saya akan panggil Mas Karim agar menginventarisir semua produk Kopsis yang menjadi peserta Galaksi. Kan, dia sekarang jadi panitia. Saya akan cari pasar untuk produk mereka”, ujarnya.

Menurut Tri Harsono, perlu langkah tegas dan konkrit untuk menumbuhkan minat berkoperasi generasi muda. Salah satunya adalah dengan fasilitasi akses pasar bagi produk Kopsis dan Kopma.

“Kopsis dan Kopma kita sudah mampu membuat produk. Kita harus memberikan akses pasar bagi produknya”, tegas ketua Puskopkar Jatim ini.

Dari semangatnya, Tri Harsono mengungkapkan bahwa pihaknya secara pribadi siap menjadi Marketing dari produk-produk Kopma dan Kopsi.

“Demi produk Kopma dan Kopsis, saya siap memasarkannya alias siap jadi Marketing”, pungkas Tri Harsono.[Elc]

Berita Lainnya