Ketua Dekopinwil Jatim : Era Revolusi Industri 4.0, Koperasi Yang Tidak Berproduksi Akan Tertinggal

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono mengatakan bahwa di era Revolusi Industri 4.0, koperasi harus berpacu untuk berproduksi. Menurutnya, apabila koperasi tidak berproduksi maka akan tertinggal dengan yang lain. Karena produksi baik berupa barang atau jasa akan akan mempertahankan eksistensi koperasi. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada RAT SBW Jawa Timur di gedung BK3S, Selasa (26/2/2019).

“Koperasi harus berproduksi karena kalau tidak pasti akan ketinggalan”, ungkap Tri Harsono.

Wakil Ketua Induk Koperasi Karyawan ini tidak henti-hentinya dalam setiap kesempatan menyuarakan agar koperasi berproduksi. Hal terbut bukan tanpa alasan, Tri Harsono menilai bahwa dengan koperasi berproduksi, maka koperasi tersebut akan semakin produktif dan inovatif. Akibatnya, koperasi tersebut akan berusaha untuk bersaing dengan kompetitor yang lain.

Pada kesempatan tersebut, Tri Harsono mengaku bangga terhadap SBW Jawa Timur, tidak hanya karena anggotanya yang semakin besar tembus 13.500 orang sehingga pada acara RAT tersebut dihadiri 700 orang koordinator yang mengkoordinir seluruh anggota. Tetapi juga, SBW Jawa Timur telah mulai berproduksi yaitu air mineral SBW Water. 

Bahkan, pihaknya mendorong koordinator anggota koperasi yang berjumlah 700 orang tersebut juga bisa berproduksi dan membentuk sentra-sentra industri kecil yang dikelola oleh koperasi diberbagai jenis produk seperti konveksi, makanan, minuman, kerajinan dan yang lainnya.

“Luar biasa, pada RAT kali ini SBW Jawa Timur memberikan kejutan dengan berhasil memproduksi SBW Water. Ini yang kita harapkan. Semoga SBW Water menjadi air mineral yang bisa diterima oleh seluruh gerakan koperasi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kami juga berharap, semoga kedepan SBW Jawa Timur mampu memproduksi produk-produk yang lain” ungkap Tri Harsono.

Tidak hanya itu, Tri Harsono yakin bahwa kedepan SBW Jawa Timur akan menjadi koperasi besar yang menjadi kiblat bagi koperasi di Nusantara.

“SBW Water ini adalah tanda alam bahwa SBW Jatim akan menjadi koperasi Besar di Nusantara dan di Dunia. Yakinlah kita pasti bisa”, ujarnya

Dekopin Usulkan Penghapusan Pajak Penghasilan
Pada kesempatan tersebut Tri Harsono juga menyampaikan bahwa Rancangan Undang-Undang Perkoperasin masih belum disahkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, Tri Harsono mengajak kepada segenap gerakan koperasi untuk bersabar dan terus mendo’akan pemerintah untuk segera mengesahkan RUU tersebut dengan tetap mengakomodir suara dan usulan dari gerakan koperasi.

Tri Harsono menyampaikan bahwa salah satu usulan dari gerakan koperasi adalah dihapuskannya pajak penghasilan 1%. Menurut Tri Harsono, pajak tersebut harus dihapus karena koperasi tidak sedang berbisnis tetapi usaha koperasi adalah pelayanan terhadap anggota.

“Pajak 1% itu perlu dihapus karena transaksi koperasi dengan anggotanya itu bukan kegiatan bisnis. Tetapi bentuk pelayanan terhadap anggota. Saya pikir, pemerintah harus jeli melihat persoalan pajak ini”, pungkas Tri Harsono. [Elc]

 

Berita Lainnya