Ini Pesan Anggota DPRD Jatim Saat Sosialisasi dan Pendidikan Koperasi di Kediri

 

Kediri, PipNewsJatim.Com – Salah satu anggota DPRD Provinsi Jatim, Drs. H. Subianto, M.M menyoroti dinamika koperasi yang belum mampu menjadi soko guru perekonomian bangsa bahkan cendrung mengalami stagnasi alias berjalan ditempat. Menurutnya salah satu faktor yang menyebabkannya adalah kurang pekanya koperasi dalam memenuhi kebutuhan anggotanya dan masyarakat disekitarnya. Hal tersebut disampaikan saat memberikan materi pada acara Sosialisasi dan Pendidikan Koperasi yang diadakan oleh Dekopinda Kabupaten Kediri di kantor KPRI Pembangunan Grogol Kediri, Sabtu (13/10/2018).

“Kalau ingin maju, Koperasi harus peka terhadap kebutuhan anggota dan masyarakat sekitar”, ujarnya.

Anggota DPRD Jatim Komisi B ini menyayangkan eksistensi koperasi yang belum menemukan performanya. Menurutnya, berbagai sumberdaya itu ada dalam koperasi baik itu SDM maupun modal. Apalagi didukung pemerintah terhadap koperasi yang sangat tinggi. Seharusnya koperasi bisa maju dan bersaing dengan lembaga ekonomi yang lain.

Namun, pihaknya yakin dan optimis, kedepan koperasi akan maju seperti ekspektasi masyarakat saat ini. Untuk dapat merealisasikannya salah satunya dengan merebut simpati anggota dan masyarakat sekitar. Contonya adalah dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Bentuknya, pelayanan anggota dimulai lebih awal dan lain-lain.

“Saya salut dengan KUD Subur Kecamatan Kepung, petugasnya jam 5 pagi sudah ada di pasar dan mereka langsung berinteraksi dengan anggotanya. Alhasil simpanan anggota ke KUD saat ini mencapai angka Rp. 6 M”, tuturnya.

Tidak hanya itu, Subianto mengharap agar pengus, pengawas dan anggota koperasi harus sering mengikuti pendidikan. Karena, pendidikan perkoperasian mampu meningkatkan profesionalisme koperasi sehingga secara otomatis dapat memajukan koperasi.

Pada kesempatan tersebut, Subianto memberikan apresiasi terhadap Dekopinda Kabupaten Kediri karena telah menjalankan tugas dan fungsinya yaitu melakukan pendidikan perkoperasian. Pihaknya berharap agar even tersebut senantiasa dilaksanakan dan menjadi program wajib Dekopinda Kabupaten Kediri. Bahkan pihaknya mendukung program tersebut sangat realistis dan dapat berdampak secara langsung bagi koperasi.

“Saya sangat mendukung program ini. Semoga program ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan”, pungkas Subianto yang juga merupakan pimpinan di Dekopinwil Jatim ini. [Elc]

 

 

Berita Lainnya