Inginkan Manajemen Profesional, Dekopinda Tuban Gelar Diklat Manajemen Koperasi

(Komite Bidang Organisasi dan Kelembagaan Dekopinwil Jatim, Bambang Sri Wibowo menjadi instruktur di Dekopinda Tuban)

 

Tuban, PipNewsJatim.Com – Tata kelola manajemen Koperasi harus di dasari oleh jati diri koperasi. Selain itu, koperasi juga harus mampu menerapkan 4 prinsip Manajemen yaitu Perencanaan (Planing), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan sesuai Job disc (Actuating) dan Pengawasan/Penilaian (Controlling) agar koperasi berjalan sesuai koridor dan ada evaluasi bagi pijakan perbaikan pada periode berikutnya.

Menurut Komite Bidang Organisasi dan Kelembagaan Dekopinwil Jatim, Bambang Sri Wibowo, SE, MM, selain masalah manajemen, yang tidak kalah penting adalah bagaimana pengurus koperasi harus mampu menyusun dan menganalisa Laporan Keuangan yang berisi tentang Neraca, Perhitungan Hasil Usaha, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan

“Satu keharusan bagi Pengurus Koperasi dalam menjalanakan roda organisasi Koperasi adalah memeberi laporan Pertanggungjawaban kepada anggota Koperasi”, ujarnya saat menjadi instruktur pada kegiatan Diklat tentang Peningkatan Manajemen serta Menyusun dan Menganalisa Laporan Keuangan Koperasi pada tgl 18 – 19 Desember 2019 di Hotel Mahkota Tuban.
Diklat ini diikuti oleh Ketua Koperasi atau Bendahara Koperasi seluruh Koperasi Primer anggota Dekopinda Tuban.

Bambang Sri Wibowo berharap Diklat tersebut dapat bermanfaat bagi gerakan koperasi di Tuban. Khususnya pada meningkatnya manajemen koperasi yang semakin profesional.

“Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan tata kelola/manajemen koperasi menjadi lebih baik. Dan pengurus mampu memahami kaidah dasar Teori Akuntansi sehingga mampu menyusun Laporan keuangan dan menganalisa laporan keuangan Koperasi yanh dikelolanya dan selanjutnya mampu menilai sehat tidaknya Koperasi yang mereka kelola”, pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya