HUT Koperasi Ke 71, Majulah Koperasi Ku

 

Sidoarjo, PipNewsJatim.Com – Hari ini tepat tanggal 12 Juli koperasi berusia 71 Tahun. Di momen yang istimewa ini, tentunya sangat pantas kiranya kita berterima kasih, menaruh hormat dan berbangga pada Bapak Koperasi Indonesia yaitu Bung Hatta. Karena beliau adalah pejuang koperasi yang sesungguhnya.

Di usianya yang ke 71 Tahun, koperasi membuktikan kapasitasnya, dibawah tekanan kapitalisme global, koperasi tetap berdiri tegak dan semakin menjadi primadona di Republik ini. Itulah sepenggal kalimat yang disampaikan oleh Ketua Dekopinwil Jatim Drs. Ec. Tri Harsono saat ditemui di kantornya oleh Tim PipNewsJatim.Com. Sidoarjo (12/7/2018).

“Diakui atau tidak, hari ini koperasi semakin diminati oleh masyarakat di Republik ini. Dulu saat terjadi krisis ekonomi global, badan usaha yang lain terimbas. Tetapi koperasi tidak terpengaruh malah semakin berdiri tegak. Ini membuktikan bahwa koperasi itu yang terbaik”, ujar Tri Harsono.

Tri Harsono menyampaikan bahwa Koperasi mempunyai akar yg kuat di kalangan Masyarakat Indonesia. Hampir 85 % dari seluruh Penduduk di Indonesia, khususnya masyarakat menengah kebawah, mereka tidak bisa lepas dari koperasi terutama dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Termasuk di dalamnya adalah UKM yang juga tidak bisa lepas dalam membangun sistem ekonominya dengan Koperasi. Diakui atau tidak kontribusi PDRB baik regional maupun nasional cukup besar yang berasal dari Koperasi.

Tri Harsono menyakinkan bahwa bagaimanapun Koperasi dan UKM masih sebagai andalan dalam tata kelola ekonomi di Republik ini. Baik UUD 1945 maupun UU no.25/1992 memberikan amanah bahwa Koperasi sebagai Pilar Ekonomi Bangsa dan sebagai sistem perekonomian nasional yang mempunyai Jati diri Gotong Royong dan Kekeluargaan. Hal tersebut merupakan karakter dari bangsa Indonesia.

“Koperasi merupakan Pilar Ekonomi Bangsa dimana di dalamnya terdapat karter bangsa kita yaitu gotong royong dan kekeluargaan. SELAMAT HUT KOPERASI KE 71. Semoga HUT Koperasi tahun ini bisa dijadikan sebagai tonggak perubahan dalam menata sestem Koperasi yg lebih maju kedepan”, pungkas Tri Harsono. [ELC]

Berita Lainnya