Harapan Ditengah Gebyar Harkop Ke – 72

 

Artikel, PipNewsJatim.Com – Gebyar peringatan hari koperasi ke-72 hampir disetiap Kabupaten/Kota di Nusantara dan tentunya menelan biaya tidak sedikit telah menghadirkan kemeriahan massa dan menyedot perhatian publik untuk menikmatinya.

Ada jalan santai, senam massal, upacara massal, tasyakuran, dan banyak lagi kegiatan massal yang lain.

Gebyar itu telah menunjukkan kepada masyarakat bahwa ada orgasisasi besar yang namanya koperasi dengan serangkaian atributnya sebagai usaha bersama yang berazaskan kekeluargaan. Yaitu sebagai wujud dari penghayatan dan pengamalan amanat konstitusi pasal 33 UUD 1945. Dan juga sebagai wadah untuk membangun kesejahteraan bersama dan berbagai atributnya yang lain. Yang menunjukkan bahwa koperasi adalah sebuah cita-cita bersama yang harus diperjuangkan dan diwujudkan bersama oleh seluruh anak bangsa.

Bagi gerakan koperasi, gebyar itu mengajak untuk tetap bersemangat dan meyakini cita-cita koperasi yang harus terus diperjuangkan.

Tetapi ada pertanyaan besar ditengah gebyar yang gemerlap itu. Bagaimana moto, slogan, pekik perjuangan yang hadir dalam berbagai acara gebyar itu, tidak hanya hilang tanpa bekas dengan selesainya acara gebyar. Tetapi moto, slogan, pekik perjuangan, semangat dan cita-cita koperasi itu tertinggal mengejawantah dalam perilaku keseharian seluruh anak bangsa dalam melakukan kegiatan bermasyarakat untuk menata perekonomian bersama sebagaimana amanat konstitusi.

Bagaimana prinsip dan nilai koperasi hadir dalam perilaku keseharian masyarakat koperasi, khususnya di Bumi Nusantara. inilah substansi rangkaian acara gebyar peringatan Hari koperasi Ke – 72.

 

Penulis : R. Nugroho

Jabatan : Pimpinan Dekopinwil Jatim

Berita Lainnya