Ghirah Gerakan Koperasi Di Jawa Timur Semakin Bergerak Maju

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono menyatakan kekagumammnya terhadap geliat gerakan koperasi di Jawa Timur yang cendrung meningkat. Pasalnya, beberapa hari ini, sangat gencar kegiatan perkoperasian dilaksanakan di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Timur, baik yang dilaksanakan oleh Dekopinwil Jatim maupun oleh Dekopinda dan gerakan koperasi itu sendiri.

“Ini pertanda yang baik untuk koperasi. Kalau semangat gerakan koperasi dapat dipertahankan bahkan semakin meningkat, saya yakin ini adalah momentum yang tepat bagi bangkitnya koperasi”, ujar wakil ketua induk koperasi karyawan ini saat dikonfirmasi oleh Tim PipNewsJatim.Com di Kantor Dekopinwil Jatim, Kamis (22/11/2018)

Menurut Tri Harsono, geliat gerakan koperasi untuk melakukan upaya pengembangan baik dari sektor kelembagaan maupun usaha perlu diberikan apresiasi dan dukungan agar gerakan koperasi tetap semangat. Dan yang lebih penting adalah anggota koperasi dapat mengambil manfaat dengan berkoperasi. Bahkan secara ideologis, anggota koperasi sadar bahwa berkoperasi adalah jalan yang benar dan halal sehingga berkoperasi pantas untuk diwariskan kepada generasi penerusnya

Tri Harsono berkomitmen bahwa melalui Dekopinwil Jatim, pihaknya akan terus mendorong koperasi yang ada di daerah dengan melibatkan Dekopinda untuk mengadakan pelatihan-pelatihan kepada semua koperasi sesuai dengan kebutuhannya. Sasarannya adalah Pelatihan bagi pengurus, pengawas maupun pengelola koperasi agar mereka dapat mejalankan fungsinya masing-masinh dalam mengembangkan koperasi menuju koperasi yang sehat dan profesional.

“Di Dekopinwil Jatim itu terdapat Lembaga Perkoperasian (Lapenkop). Kami akan mengoptimalkan peran Lapenkop untuk membantu fasilitasi pelatihan perkoperasian. Insya Allah, senin tanggal 26-28 Nopember 2018 ini akan melaksanakan Pelatihan Pemandu Dasar II. Saya berharap, kegiatan itu bisa dimanfaatkan oleh gerakan koperasi”, ungkapnya.

Digitalisasi dan Produksi Harus Seirama

Tri Harsono melihat bahwa saat ini, masih banyak koperasi yang masih belum mampu memanfaatkan perkembangan ilmu teknologi dalam bentuk digitalisasi koperasi. Padahal, apabila itu dimanfaatkan akan banyak membantu dan mempermudah operasinalisasi koperasi. Sebagai bentuk keseriusannya, kedepan, melalui Dekopinwil Jatim, Tri Harsono akan membuat “Rumah Koperasi” yang didukung dengan sistem digitalisasi koperasi dan IT yang canggih. Di dalam rumah koperah koperasi tersebut akan ditampung produk unggulan koperasi.

“Mohon do’anya, semoga dalam waktu dekat ini, “Rumah Koperasi” segera terealisasi. Kami sudah bangun sistemnya dll”, tuturnya.

Namun, Tri Harsono mengharap kerjasama semua gerakan koperasi untuk dapat mendukung suksesnya Rumah Besar Koperasi tersebut. Yaitu dengan terus berinovasi dengan membuat produksi unggulan koperasi baik untuk pasar lokal maupun eksport.

Menurut Tri Harsono, globalisasi ekonomi yang saat ini melanda Indonesia, akan menyebabkan produk asing akan membanjiri pasar dalam negeri. Oleh karena itu, produk koperasi harus mampu bersaing. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi tersebut. Tetapi yang lebih penting lagi adalah masyarakat dan anggota koperasi, secara ideologis harus meningkatkan jiwa nasionalisme untuk cinta, bela dan beli produk koperasi dan dalam negeri.

“Digitalisasi harus berjalan beriringan dan seirama. Tidak adanya salah satu diantara mereka akan menyebabkan ketimpangan. Selain itu, Nasionalisme itu sangat penting. Oleh karena itu mari kita cintai, bela dan beli produk koperasi”, pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya