FKKMI Dukung Langkah Dekopinwil Jatim MoU dengan Forum Rektor PTN/PTS di Jatim

(Ketua Umum FKKMI)

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Ketua Umum Forum Komunikasi Kopma Indonesia (FKKMI), Luni Nanda mengatakan bahwa langkah Dekopinwil Jatim dalam menginisiasi MoU dengan Forum Rektor PTN/PTS di Jatim itu merupakan terobosan positif dan langkah konkrit dalam mempersiapkan kader-kader koperasi.

“Luar Biasa… MoU dengan Forum Rektor PTN/PTS se-Jatim, Dekopinwil Jatim telah melakukan terobosan dan langkah konkrit. Ini adalah satu-satunya di Indonesia. Semoga ini bisa diikuti oleh Dekopinwil yang lain”, kata Luni Nanda sesaat sebelum menghadiri Rapat Pembahasan MoU Forum Rektor PTN/PTS Dalam Rangka Implementasi Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi Di Jawa Timur yang dilaksanakan di Hotel Sahid Surabaya, Selasa (06/08/2019).

Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban ini mengungkapkan bahwa saat ini kader koperasi masih tergolong sangat minim. Hal tersebut terlihat dari minimnya generasi millenial yang berproses di koperasi.

(Ketua Umum FKKMI Bersama Anggotanya)

 

Selain itu, di Perguruan Tinggi, pada setiap penerimaan Mahasiswa Baru, jika mahasiswanya 1.000 orang, maka paling banyak hanya 30 – 50 orang yang bergabung dengan Kopma. Itu artinya, minat mahasiswa bergabung dengan Kopma kurang dari 1%.

Lebih parah lagi, tidak sedikit Perguruan Tinggi yang sengaja menggusur eksistensi Kopma sehingga banyak Perguruan Tinggi yang tidak memiliki Kopma.

“Alih-alih Kopma bisa berkembang, keberadaannya pun kadang banyak yang digusur. Kami tidak ingin kejadian Kopma Universitas Brawijaya kembali terulang lagi. Kami sangat berharap melalui MoU ini eksistensi Kopma dapat terlindungi”, tandas Luni Nanda.

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut, Luni Nanda berniat untuk mengusulkan beberapa point yang perlu dimasukkan dalam MoU tersebut. Pertama, Perguruan Tinggi wajib menghidupkan kembali Kopmanya dan tidak menggusur Kopma yang sudah berdiri. Kedua, pada setiap penerimaan mahasiswa baru, seluruh mahasiwa baru otomatis harus menjadi anggota baru. Tujuannya agar mahasiswa bisa berproses di Kopma karena kopma merupakan inkubator bisnis bagi mahasiswa. [Elc]

 

Berita Lainnya