Ditangan Pemuda, Koperasi Bisa Lebih Modern

Bojonegoro, PipNewsJatim.Com – Seperti sambut menyambut dan tidak ada habisnya, pagelaran HUT Koperasi Ke-71 terus digelar disetiap daerah. Terhitung sejak tanggal 12 Juli 2018 yang merupakan hari lahir koperasi hingga saat ini pun tidak berhenti. Kini gelaran tersebut dilaksanakan oleh Dekopinda Kabupaten Bojonegoro.

Sebelumnya, Dekopinda Bojonegoro sudah melakukan Bhakti Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2018 yang merupakan bagian dari pelaksanaan HUT. Dan Puncaknya, Dekopinda Bojonegoro menggelar Jalan Santai yang diikuti tidak kurang dari 12.500 orang yang mengikuti event tersebut. Ya, Bojonegoro pada waktu itu seakan dibanjiri oleh lautan manusia yang cinta dengan koperasi.

Menanggapi fenomena tersebut, Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono yang juga turur hadir bersama beberapa pimpinan Dekopinwil Jatim mengaku terharu atas sambutan masyarakat Bojonegoro. Tidak tanggung-tanggung, Tri Harsono juga ikut berpartisipasi dengan menyumbangkan 3 buah sepeda untuk ikut mensukseskan event tersebut.

“Pastinya kami ikut terharu dengan antusiasme dari masyarakat Bojonegoro. Ini bukti bahwa saat ini koperasi semakin dicintai oleh masyarakat. Ujar Tri Harsono.

Pada kesempatan tersebut, Tri Harsono mengharap adanya peran serta pemuda dalam koperasi. Menurutnya, saat ini koperasi harus mulai berubah. Salah satunya adalah dengan berani memberikan kesempatan kepada pemuda untuk ikut serta dalam mengelola koperasi.

“Diusia Koperasi yang sudah 71 Tahun ini, kita harus berubah dan berani memberikan kesempatan kepada pemuda dalam mengelola koperasi. Buktinya sudah jelas, sejak dipimpin Pak Sriyadi Purnomo Dekopinda Bojonegoro dan Koperasi Kareb semakin maju. Beliau tokoh muda penerus perjuangan koperasi”, ujar Tri Harsono disambut tepuk tangan para peserta jalan santai tersebut.

Tri Harsono optimis melalui kepemimpinan pemuda dalam koperasi akan menjadi semakin kuat dan maju. Bahkan pihaknya yakin kreatifitas dan daya adaftif pemuda pada kemajuan ilmu teknologi dapat mendorong koperasi mampu bersaing diera global seperti saat ini. Tetapi pihaknya mengingatkan bahwa mentalitas pemuda yang cendrung labil butuh perhatian bagi para senior koperasi agar geliat dan semangat pemuda dapat diarahkan kearah yang lebih baik.

“Tentunya saya sangat optimis, kepemimpinan pemuda dalam koperasi akan membuat koperasi semakin kuat dan maju. Ide, gagasan, gesit dan kreatifitasnya menjadi bekal yang cukup untuk mengelola koperasi. Jiwa leadership pemuda yang cendrung labil perlu diarahkan. Dan itu adalah tugas kami untuk mengarahkannya. Saya berharap generasi muda harus tampil agar bisa mengolah dan merekayasa Koperasi dari Koperasi yang saat ini masih konvensional menjadi Koperasi yang Modern”, pungkas Tri Harsono yang juga menjabat wakil ketua Inkopkar ini. [ELC]

Berita Lainnya