Dirut PDAM Probolinggo Siap Investasi Pada Koperasi

 

 

Probolinggo, PIPNewsJatim.Com – Semakin meningkatnya minat masyarakat untuk berkoperasi dan melakukan kemitraan dengan koperasi menjadi angin segar bagi kemajuan koperasi dimasa mendatang. Fenomena tersebut seakan mempertegas bahwa koperasi saat ini semakin elok dan seksi. Pastinya akan banyak yang akan mendekati koperasi sehingga cita-cita Founding Father koperasi, Bung Hatta bahwa koperasi sebagai Soko Guru perekonomian bangsa menjadi leniscayaan.

Hal tersebut tentunya bukan isapan jempol belaka, seperti yang terjadi pada saat Rapat Tahunan (RAT) Kopkar TIRTA NIAGA PDAM Kabupaten Probolinggo. Tidak tanggung-tanggung, Direktur PDAM Kabupaten Probolinggo, Gandi Hariyoto, SE, MM menyampaikan keinginanannya untuk menjadi investor bagi kemajun Koperasi yang berada dilingkungan Korpsnya tersebut, Sabtu (3/2/2018).

“Saya punya mimpi untuk mengembangkan Kopkar Tirta Niaga dengan mengembangkan usaha disektor riil dengan membuka Waserda”, ujar pria yang akrab dipanggil Gandi.

Sebagai bentuk keseriusannya, Gandi juga mengizinkan Kopkar Tirta Niaga untuk membagun Waserda di depan kantor. Bahkan beliau juga menginginkan agar kemitraan tersebut dapat terealisasi pada tahun ini.

“Silahkan bangun di depan kantor, saya juga siap berinvestasi dikoperasi. Saya berharap, tahun ini harus terwujud”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo, Setiyadi Agus, SH, M.Hum yang juga turut hadir pada RAT Kopkar Tirta Niaga, menyambut baik keinginan Direktur PDAM Probolinggo yang ingin berinvestasi pada Kopkar Tirta Niaga.

“Menindaklanjuti bapak Gandi, saya selaku perwakilan Dinas, tentunya sangat senang karena saya yakin ketika keikinan Pak Gandi terealisasi akan meningkatkan dan memajukan Kopkar Tirta Niaga sehingga tugas kami akan semakin mudah”, ujar Setyadi Agus.

Setyadi Agus juga menambahkan bahwa setelah keinginan Pak Gandi terealisasi, hal terberat yang akan dihadapi biasanya adalah komitmen dan konsistensi dari anggota dan pengurusnya. Jangan sampai setelah Waserdanya dibangun, anggota dan pengutusnya tidak ada yang belanja di Waserda tersebut. Oleh karena itu, Setyadi Agus mengajak seluruh komponen Kopkar Tirta Niaga untuk berkomitmen agar bersama-sama membangun dan memajukan Kopkar Tirta Niaga salah satunya dengan belanja di Waserda tersebut.

“Perlu komitmen yang kuat dari segenap elemen Kopkar Tirta Niaga untuk setia Kepada koperasinya dengan belanja di Waserda tersebut nantinya”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo, Drs. Joko Rokhani Sanjaya, MM, juga memberikan apresiasi kepada Direktur PDAM Kabupaten Probolinggo. Pihaknya berharap pengurus Kopkar Tirta Niaga dapat bergerak cepat untuk segera merespon keinginan Direktur PDAM tersebut.

“Saya selaku ketua Dekopinda “Angkat Topi” atas keinginan Bapak Gandi untuk menjadi investor Kopkar Tirta Niaga. Sangat jarang ada pimpinan perusahaan yang siap untuk menjadi investor”, ujar Joko yang juga merupakan salah satu Ketua Bidang di Dekopinwil Jatim ini.

Tidak hanya itu, Joko juga menyampaikan bahwa dengan adanya keinginan Direktur PDAM tersebut, itu merupakan pertanda bahwa koperasi saat ini semakin “cantik nan anggun” segingga pasti nantinya akan banyak yang meliriknya. Oleh karena itu, koperasi harus sudah harus berbenah dengan meningkatkan loyalitas dan integritas yang disertai dengan komitmen yang tinggi segenap anggota dan pengurunya.

“Koperasi ini dibentuk dengan kesadaran yg tinggi. Dengan loyalitas dan integritas dan didalamnya ada cinta. Maka akan menjadi mudah mimpi tadi itu akan terwujud. Apalagi disertai dengan komitmen yg tinggi. Karena berkoperasi itu penuh dg komitmen. Kalau tidak ya musibah akan terjadi”, pungkas Joko. [Elc]

Berita Lainnya