Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep Intens Dampingi Kopwan Se-Kabupaten Sumenep

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Awal Maret ini menjadi sangat istimewa bagi Kopwan se Kabupaten Sumenep. Pasalnya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep menunjukkan kepedulian dan keberpihakannya pada Kopwan se-Kabupaten Sumenep dengan melakukan lawatan ke Kopwan “Pundi Arta Jaya” Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.

Menurut Kepala Seksi Pengendalian SP Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Zulaikha Permata Ningrum, SE. MM, Kopwan se-Kabupaten Sumenep perlu menimba ilmu dan pengalaman pada koperasi wanita yang telah berhasil menuntaskan program pemerintah. Menurutnya, Kopwan Pundi Arta Jaya bisa dijadikan sebagai Role Model dan rujukan bagi Kopwan di Jatim.

“Sengaja kami mengajak Kopwan Se-Kabupaten Sumenep untuk menimba ilmu dan berpengalaman pada Kopwan Pundi Arta Jaya. Mengingat, Kopwan tersebut sudah berhasil dan sukses. Apalagi Kopwan tersebut sudah sarat prestasi sehingga pantas untuk dijadikan role model”, ujarnya.

Zulaikha Permata Ningrum menambahkan, pihaknya merasa tertantang untuk selalu mendampingi, suport dan berinovasi untuk kemajuan Kopwan. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari kopwan sendiri dan dengan biaya mandiri yang disisihkan dari dana Pendidikan. Bukan dari fasilitasi APBD Kabupaten Sumenep.

Zulaikha Permata Ningrum, juga mengungkapkan bahwa pesrta study banding tersebut hanya diikuti oleh Kopwan yang sudah melaksanakan RAT tepat waktu di bulan Januari. Sedangkan untuk pembagian tugas dalam lawatan tersebut dibagi 3 kelompok yaitu Kelembagaan, organisasi dan manajemen SP khususnya untuk pelaku UKM. Diharapkan nantinya, setelah memperoleh ilmu yang didapat dari study banding disampaikan kepada anggota sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus kepada anggota koperasi karena dana yang dipakai adalah dana pendidikan.

“Kami berharap, nantinya ada pergeseran paradigma dan opini kesadaran berkoperasi tidak hanya pengurusnya saja. Tetapi anggota juga ikut berpartisipasi dan merasa memiliki koperasi secara bersama, pungkasnya.”

Sementara itu, ketua rombongan Kopwan se-Kabupaten Sumenep, Rosita Agustina dari Kopwan Irama Kota, menyampaikan hal yang sama terkait dengan kedatangannya ke Kopwan Pundi Arta Jaya. Pihaknya ingin secara langsung mengetahui bagaimana cara meningkatkan kesadaran berkoperasi khususnya pengurus dan anggota agar memahami jati diri koperasi.

“Kami ingin menimba ilmu terutama tentang bagaima menumbuhkan kesadaran berkoperasi anggota dan pengurus”, ungkapnya.

Tidak hanya itu, Rosida Agustina juga menyampaikan bahwa dalam menggali ilmu yang dilakukan dititik beratkan kepada 3 hal yaitu pendidikan, kemandirian dan kerjasama antar koperasi sesuai dengan prinsip koperasi.

Sementara itu, menurut Ketua Kopwan Pundi Arta Jaya, Erlin mengungkapkan bahwa sebagai tuan rumah pihaknya merasa terhormat atas kunjungan Kopwan se-Kabupaten Sumenep. Pihaknya siap untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dalam membangun koperasi.

“Alhamdulillah, kami merasa sangat terhormat atas kedatangan Kopwan Se-Kabupaten Sumenep. Kami siap berbagi ilmu dan pengalaman. Intinya, kami berupaya melibatkan semua elemen baik pengurus maupun anggota dalam segala hal. Itu triknya”, ujar sekretaris APU KW JATIM ini.

Pihaknya juga mengajak tamu kehormatannya untuk ikut bersama-sama menjadi anggota APU KW JATIM. Menurutnya, dengan bergabung di APU KW JATIM, Kopwan akan mendapatkan kemudahan. Salah satunya adalah akses pasar bagi produk Kopwan.

“Sengaja kami mengajak Kopwan se-Kabupaten Sumenep untuk bergabung di APU KW JATIM karena disini tersedia akses pasar bagi produk Kopwan. Apalagi pembina kami langsung dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim”, pungkasnya.

Selanjutnya, sebagai wujud nyata dari rangkaian kunjungan tersebut mereka juga diajak untuk mengunjungi Para UKM yang dibiayai oleh USP Kopwan Pundi Arta Jaya sebagai rangkaian kunjungan akhir yg dituju adalah produk kuliner “warung Luwe” yang letaknya di desa Tawangargo pimpinan Ika Rahmawati. [Elc]

Berita Lainnya