Dinas Koperasi dan UKM Jatim : Perbaiki Kemasan Agar Produk Kopwan Tembus Pasar Global

 

Lamongan – PipNewsJatim.Com – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim semakin konsisten dan intens dalam memfasilitasi Bimtek, Workshop, program magang dan pendampingan terhadap Kopwan Se-Jatim. Salah satu wujudnya adalah menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Produk KUKM melalui Pengembangan Kemasan yang menghadirkan 80 Orang dari anggota ASOSIASI APU KW JATIM yang tersebar dari beberapa kabupaten/Kota yang diwakili oleh masing-masing Korwil yang sudah terbentuk diantara perwakilan Korwil yang hadir adalah, Korwil Malang Raya, Korwil Kabupaten Gresik, Korwil Kabupaten Lamongan, Korwil Kabupaten Jombang, Korwil Kabupaten Sidoarjo, adapun kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Mahkota Jln. Sunan Drajat Nmr. 4 – 8 Kauman Kabupaten Lamongan (11-12/04/2019).

Sementara itu, peran serta Keberadaan Korwil tidak bisa dipandang sebelah mata. Keberadaan mereka patut diperhitungkan untuk membantu suksesnya kinerja pengurus dalam berpartisipasi Aktif menggerakkan anggota di masing-masing Kab/Kota sebagai salah satu penopang dan menggeliatkan perekonomian di desanya untuk mewujudkan kemakmuran bersama.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan dan memberikan motivasi dan semangat kepada para Korwil Kabupaten/Kota se-Jatim, maka sebagai penghargaan dan penghormatan Pengurus ASOSIASI APU KW JATIM yang digawangi oleh Siti Ngaisah bersama jajaran pengurus memberikan piagam penghargaan kepada masing-masing Ketua Korwil yang hadir di Workshop tersebut. Diantaranya yang mendapatkan piagam penghargaan adalah ketua Korwil Kabupaten Malang Wahyu Sri Kristiana, Korwil Kabupaten Jombang Titik Rahayuningtyas, Korwil Kabupaten Gresik Ririn Kusnawati, Korwil Kabupaten Lamongan Zulfah.

Kegiatan semacam ini akan dijadikan sebagai role model di even-event Pelatihan berikutnya agar terjadi pemerataan di masing-masing Korwil. Adapun pemberian piagam penghargaan tersebut langsung dipandu oleh dinas koperasi dan UKM Prov, Jatim Bapak Ir. Sumbangto, MM, Bapak Suratno,SE,M.Si serta dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Kabid Produksi dan pemasaran, Nurhayati Asadah,SE,M.Si sebagai. Tak ketinggalan pengurus APU KW Jatim turut serta dalam perhelatan tersebut yang disaksikan juga oleh peserta Work Shop yang ada di kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kabid Restrukturisasi Usaha dan Pembiayaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, Ir. Sumbangto,MM menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jatim akan selalu intens dalam memberdayakan Perempuan dalam rangka pembangunan ekonomi kerakyatan. Khususnya koperasi wanita yang sudah berjalan. Menurutnya, Kopwan tersebut akan didorong untuk membiayai industri-industri makanan.

“Selama ini Pemprov Jatim melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim selalu intens dalam memberdayakan perempuan dalam pembangunan ekonomi kerakyatan. Teruma koperasi wanita, yang sudah jelas memberikan kontribusi terhadap pembangunan perekonomian di Jatim. Kedepan, kopwan akan kami dorong untuk dapat membiayai Industri olahan makanan dimana bahan bakunya dapat diperoleh dari daerahnya masing” ujar Sumbangto.

Selain itu, Sumbangto menambahkan agar Kopwan terus berinovasi dan semakin kreatif dalam meningkatkan kualitas dan mutu produk. Salah satunya adalah kemasan. Menurutnya kemasan yang menarik akan mempengaruhi daya beli konsumen.

“Kemasan itu seperti Magnet. Semakin menarik kemasan suatu produk, maka semakin besar peluang produk tersebut dibeli oleh konsumen. Jadi Kopwan harus terus berinovasi dan kreatif”

“Sebenarnya produk kita tidak kalah dengan negara lain. Tetapi, diakui atau tidak, kita kalah dari aspek kemasan. Oleh karena itu, ayo kita tingkatkan kwalitas produk dan kemasannya agar produk kita bisa menembus pasar global”, pungkas Sumbangto. [Erl]

Berita Lainnya