Dinas Koperasi dan UKM Jatim Fasilitasi 3 Asosiasi Lakukan MoU

(Penandatanganan MoU 3 Asosiasi)

Batu, PipNewsJatim.Com – Dalam rangka peningkatan manajemen dan mutu produk KUKM di Jawa Timur, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim menggelar workshop Peningkatan Produk KUKM di bidang pangan.

Menurut Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha, Ir. Sumbangto, MM mengatakan, pemasaran dan SDM masih merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi usaha kecil dan menengah dalam mengembangkan produknya.

Oleh karena itu, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim berupaya mencari terobosan. Salah satunya dengan menjalin kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak.

Selain itu, pihaknya secara berkesinambungan melakukan pembinaan, magang, workshop terhadap koperasi maupun UKM.

“Kami menyadari bahwa kendala utama kami adalah akses pasar bagi produk KUKM. Oleh karena itu kami akan melakukan kemitraan dengan berbagai pihak”, jelasnya, Hotel Kusuma Agrowisata Kota Batu, Senin (17/06/2019).

“Kami juga akan terus melakukan pembinaan, magang dan workshop secara berkesinambungan terhadap koperasi dan UKM agar kualitas produknya meningkat”, ujarnya.

MoU 3 Asosiasi
Workshop tersebut setidaknya dihadiri 100 orang peserta yang merupakan anggota Asosiasi Ajang Pengembangan Usaha Koperasi Wanita Jatim (APU KW JATIM), Forum Ekonomi Syariah (FES JATIM) dan Asosiasi Makanan Jawa Timur (AMJ).

Selanjutnya, melalui fasilitasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, ketiga asosiasi tersebut sepakat untuk bekerja sama dengan menandatangani MoU dalam rangka mengembangkan produk UKM.

MoU tersebut langsung dipandu dan didampingi oleh Dinas koperasi dan UKM Prov. Jatim yang diwakili oleh Ir. Sumbangto, MM dan disaksikan seluruh peserta workshop yang hadir diruangan tersebut.

(Gelar Produk UKM)

Adapun dalam penandatanganan masing-masing Asosiasi menghadirkan Ketua dan perwakilannya Dari APU KW JATIM ditandatangani Siti Ngaisah selaku ketua. Selanjutnya FES ditandatangani oleh Lilik Maisaroh, S.Pd selaku Ketua FES Jatim. Sementara AMJ ditandatangani oleh perwakilan yang ada di Malang.

Menurut Ketua Umum APU KW JATIM, Siti Ngaisah MoU tersebut adalah momentum untuk membangun produk UKM Jatim menjadi lebih berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

“Bagi kami, MoU ini adalah momentum untuk menjadi lebih baik. Kami sangat berterima kasih pada Dinas Koperasi dan UKM Jatim karena membantu dan memfasilitasi kami sehingga terlibat dalam MoU ini. Semoga ini bermanfaat bagi kami dan pihak yang lain”, pungkasnya. [Erl]

Berita Lainnya