Dimana Koperasi

(Pemotongan Pita Pembukaaan Harkop ke-72 Kota Samarinda Oleh Wali Kota Samarinda)

Samarinda, PipNewsJatim.Com – Peringatan Hari Koperasi selalu dijadikan ajang untuk saling tukar informasi antar koperasi dan para penggiat koperasi. Tapi didalam kegiatan Harkop ke-72 Kota Samarinda ada perbedaan yang sangat menarik perhatian masyarakat, karena kegiatan ini langsung di buka oleh Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dan dihadiri oleh SKPD-SKPD yang ada di pemerintahan Kota Samarinda.

Wali Kota samarinda dalam sambutannya mengatakan Koperasi harus dapat bekerja sama dengan para pelaku UMKM agar tingkat produktifitas dapat berjalan dan pertumbuhan perekonomian mikro akan meningkat.

Dalam rangkaian Harkop ke-72 Kota Samarinda yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 29 sampai tanggal 31 Agustus 2019 bertempat di lingkungan Perkantoran Dinas Koperasi Kota Samarinda di jalan Juanda kecamatan Samarinda ulu kota samarinda, panitia mengemas dengan berbagai kegiatan seperti, Jalan Sehat, Bazar, Cek Kesehatan gratis, Donor Darah dan Servis Kendaraan Roda Dua Gratis ungkap Ketua Panitia Bapak Tabrawi (Ketua KUD KOPTA).

Kegiatan Harkop ke-72 Kota Samarinda diikuti kurang lebih 50 gerakan koperasi berbagai jenis koperasi yang ada di kota samarinda. Menurut data yang disampaikan oleh Kepala dinas Koperasi Kota samarinda bapak Ibnu, jumlah koperasi yang ada di kota samarinda berjumlah 1200 koperasi tapi yang aktif dan yang menjalankan RAT hanya sekitar 20%. Dari keadaan data tersebut Kepala dinas menegaskan kesemua jajarannya agar turun langsung kekoperasi untuk mencari sumber permasalahan yang ada kenapa koperasi tidak menjalannkan RAT.

Kegiatan ini ditutup oleh Wakil Wali Kota Samarinda M. Barkati, dalam sambutannya beliau mengatakan, bahawa dalam menjalankan koperasi itu jangan disamakan sepeerti menjalankan organisasi atau LSM, karena Koperasi itu milik Anggota. Beliau juga menegaskan saya juga dulu mantan pengurus Koperasi jadi saya memahami betul nbagaimana cara menjalankan koperasi. Koperasi bukan milik pengurus, koperasi itu milik kita semua ungkap Wakil Wali Kota Samarinda.

Wakil wali Kota Samarinda M. Barkati juga menyarankan agar Dinas koperasi selau bergandengan dengan Dekopinda yang ada guna memajukan koperasi, karena Dekopinda adalah Organisasi yang bergerak di bidang perkoperasian sudah semestinya pemerintah meminta masukan kepada mereka.

Setiap kegiatan Harkop Kota Samarinda selalu di ditutup dengan pemberian Estap Bendera Dekopinda kepada panitia di tahun selanjutnya. Untuk selanjutanya panitia harkop ke-73 kota Samarinda akan dilaksanakan oleh Koperasi PDAM. [YN]

Berita Lainnya