Dekopinwil Jatim Siapkan MoU Dengan Forum Rektor PTN/PTS Dalam Rangka Implementasi Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi Di Jawa Timur

(Ketua Dekopinwil Jatim Sedang Memberikan Sambutan)

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono mengatakan bahwa MoU Forum Rektor tentang kewurausahaan berbasis koperasi sangat strategis bagi Dekopinwil Jatim ke depan. Menurutnya, MoU tersebut merupakan salah satu cara untuk mencetak kader koperasi dimasa mendatang.

“MoU ini sangat strategis bagi keberlangsungan koperasi dimasa mendatang. Melalui MoU inilah perguruan tinggi dapat mencetak kader koperasi”, kata Tri Harsono saat memberikan sambutan pada kegiatan Rapat Pembahasan MoU Forum Rektor PTN/PTS Dalam Rangka Implementasi Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi Di Jawa Timur di Hotel Sahid Surabaya, Selasa (6/08/2019).

Tri Harsono menilai bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0, koperasi sangat membutuhkan SDM terutama yang memiliki leadership koperasi yang kuat dan ditopang dengan penguasaan terhadap Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Adanya gagasan dari pimpinan Dekopinwil Jatim untuk membuat Modul kewirausahaan yang disusun oleh Asosiasi Dosen Koperasi Indonesia (Adokopin) menjadi salah satu program unggulan Dekopinwil Jatim.

“Modul ini bisa diterapkan diperguruan tinggi masing-masing. Setidaknya ada 37 rektor PTN/PTS besok akan menandatandatangani kerjasama (MoU) dengan Dekopinwil Jatim pada acara puncak Harkop ke-72 di Grand City”, ujar Tri Harsono.

Tujuannya adalah nya agar kedepan, kita sadar bahwa Dekopinwil Jatim merasakan kader-kader koperasi saat ini masih sangat kurang. Saat ini penguris koperasi sudah 60 th keatas. Kita membutihkan kader koperasi pemuda. Melalui kerjasama itu, akan ada kader-kader koperasi dri PTN/PTS yang sudah mendapatkan pengetahuan tentang kewirausahaan berbasis koperasi. Kader tersebut diharapkan bisa mampu berpartisaspasi untuk memajukan dan mengembangkan koperasi sejajar dengan badan usaha yang lain.

“Kalau kita tidak melakukan kaderisasi kita akan tertinggal dari pihak lain. MoU ini adalah salah satu solusinya. Secara khusus, kami minta bantuan PTN/PTS untuk menerapkan modul tersebut”, jelas Tri Hasono

Tidak hanya pada level PTN/PTS, Dekopinwil juga telah mempersiapkan kader masa depan koperasi pada level SMA/SMK sederajat. Menurut Tri Harsono, pada level SMA/SMK sederajat adalah masa emas dimana ideologisasi koperasi bisa diterapkan. Karena siswa sejak dini sudah mengetahui tentang koperasi. Sehingga kedepan, siswa SMA/SMK akan memilih koperasi sebagai wadah ekonominya.

“Saat ini kami sudah menyusun modul perkoperasian bagi SMA sederajat. Koperasi harus sudah dipahami sejak dini. Kami berharap, meskipun nantinya mereka tidak bekerja di koperasi, paling tidak menjadi enterpreneur yang berjiwa koperasi”, tandas Tri Harsono.

Peserta Membludak
Meskipun hanya dihadiri Deputi Bidang Pengawasan Kemenkop, Suparno, SE, M.Si, ternyata kegiatan Pembahasan MoU Forum Rektor mendapat perhatian publik yang sangay tinggi. Tak ayal, kegiatan tersebut dipadati dan melebihi dari target peserta yang diharapkan.

(Peserta Kegiatan)

Walaupun melebihi target, panitia tetap bersikap profesional. Dengan tenang, mereka mempersiapkan kursi tambahan bagi peserta. Dari terlalu banyaknya peserta, bahkan ada beberapa peserta yang rela duduk dilantai.

Sementara itu, panitia kegiatan, Drs. H. Joko Rokhani Sanjaya saat dikonfirmasi pipnewsjatim.com mengatakan bahwa hal tersebut diluar dugaan dan ekpektasinya. Menurutnya, bisa jadi fenomena tersebut disebabkan karena kegiatan tersebut bersentuhan langsung dengan mahasiswa/generasi millenial sebagai kader penerus koperasi dan masa depan bangsa sehingga mendapatkan dukungan publik.

Oleh karena itu, pihaknya menganggap hal tersebut sangat istimewa dan bisa dianggap bahwa publik sudah mengakui eksistensi Dekopinwil Jatim.

“Membludaknya peserta itu kami anggap suatu yang sangat istimewa karena kegiatan ini orientasi dan misinya jangka panjang dan untuk kepentingan koperasi dan NKRI dimasa mendatang sehingga patut didukung oleh semua pihak. Namun, kami merasa bangga bahwa dengan fenomena ini, eksistensi Dekopinwil Jatim semakin diakui oleh publik. Terima kasih atas sambutan luar biasa dari para rektor dan adik-adik Mahasiswa, ditangan kalianlah tergenggam arah bangsa”, pungkas Joko Rokhani Sanjaya. [Elc]

 

 

Berita Lainnya