Dekopinwil Jatim Lahirkan Asosiasi Dosen Kewirausahaan Berbasis Koperasi Republik Indonesia

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Akhirnya kegiatan Pendidikan Koperasi Bagi Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan Berbasis Koperasi yang dilaksanakan oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jatim di Hotel Pelangi Malang tanggal 29 – 30 Nopember 2018 melahirkan Asosiasi Dosen Kewirausahaan berbasis koperasi Republik Indonesia.

Menurut Wakil Ketua Asosiasi Dosen Kewirausahaan berbasis koperasi Republik Indonesia H. Bambang Eko Muljono, SH, M.Hum, M.MA yang juga merupaka Majelis Pakar Dekopinwil Jatim, menyampaikan bahwa asosiasi tersebut dibentuk sebagai wadah bagi dosen mata kuliah koperasi untuk terus berkarya melahirkan modul-modul koperasi.

Menurutnya, saat ini modul koperasi tidak lebih dari 15 buku. Sehingga dalam menjawab tantangan zaman, maka perlu modul-modul koperasi yang sesuai dengan zamannya.

“Asosiasi ini dibentuk atas komitmen para dosen mata kuliah koperasi untuk selalu berkarya membuat modul-modul koperasi yang bisa menjawab tantangan zaman. Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi itu hasil karya dari para dosen dengan proses yang panjang dan sangat teliti. Modul tersebut akan menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berkarya”, ujar Rektor Universitas Islam Lamongan ini.

Bambang Eko mengaku bahwa asosiasi tersebut akan selalu bersinergi dengan Dekopinwil Jatim dan pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM Jatim. Menurutnya apa yang selama ini tidak bisa dilakukan oleh Dekopinwil Jatim dari segi kajian akademik akan dibantu oleh asosiasi tersebut.

“Asosiasi ini akan bersinergi dan bermitra dengan Dekopin dan Dinas. Terutama yang berkaitan dengan akademik”, ungkapnya.

Bambang Eko menuturkan bahwa program pertama yang akan dilakukan adalah melakukan seminar nasional. Fokusnya adalah bagaimana bisa menggugah dan membangkitkan ghirah masyarakat dan pemuda untuk berkoperasi. “Insya Allah tahun depan kami akan laksanakan seminar nasional koperasi”, tuturnya. [ElC]

Berita Lainnya