Dekopinda Pacitan Gandeng Bank Jatim Sosialisasi Permodalan Koperasi

 

Pacitan, PipNewsJatim.Com – Untuk mempermudah akses permodalan bagi koperasi, Dekopinda Pacitan menggandeng Bank Jatim untuk mensosialisasikan permodalan bagi koperasi dengan bunga rendah.

Ketua Bidang Permodalan Dekopinda Pacitan, Ibnu Sutowo S.Sos selaku ketua panitia menyampaikan bahwa hadirnya Bank Jatim perlu dimanfaatkan oleh gerakan koperasi di Pacitan. Tetapi pihaknya menginginkan agar bank Jatim memberikan keistimewaan bagi koperasi baik dari segi adminitrasi maupun bunga/jasa yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan konsumen yang lain.

“Sengaja kami mengajak Bank Jatim agar gerakan koperasi memanfaatkannya untuk memperoleh modal usaha. Tetapi kami minta agar kami diberi kemudahan baik administrasi maupun jasa yang rendah dan terjangkau”, ungkap Ibnu sutowo pada saat acara Sosialisasi Permodalan Koperasi kerjasama antara Dekopinda Pacitan Bersama Bank Jatim di Kantor KPRI KDPDK Pacitan, Sabtu (24/11/2018).

Menurut Ibnu Sutowo, kegiatan tersebut sangat penting karena bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang permodalan koperasi. Pihaknya berharap gerakan koperasi bisa mengetahui produk yang ada di Bank Jatim Cabang Pacitan sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan modal usaha sehingga koperasi dapat meningkatkan usahanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pacitan, Drs. Zaenal Arifin, MM
memberikan apresiasi kepada Dekopinda Pacitan yang telah menggandeng Bank Jatim dalam rangka akses permodalan terhadap koperasi. Menurut Zaenal Arifin, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga telah bekerjasama dengan Bank Jatim. Dengan demikian, apa yang dilakukan oleh Dekopinda Pacitan bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pacitan.

“Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga telah bekerjasama dengan Bank Jatim. Oleh karena itu, langkah Dekopinda Pacitan menggandeng Bank Jatim kami dukung karena memiliki visi dan misi yang sama dengan kami Dinas Koperasi dan Usaha Mikro”, ujar Zainal Arifin.

Di tempat yang sama, perwakilan Bank Jatim Cabang Pacitan, Rudi Prihandono menyampaikan bahwa di Bank Jatim Cabang Pacita memiliki produk yang bisa dimanfaatkan oleh koperasi yaitu Kredit Kepada Koperasi Untuk Anggota (KKPA), Kredit Kepada Koperasi (KKOP) khusus lembaga koperasi dan Jenis Tabungan.

Pada kesempatan tersebut Rudi Prihandono menyampaikan bahwa khusu koperasi, Bank Jatim akan memberikan kemudahan dan jasa/bunga yang rendah.

“khusus koperasi, jasa/bunga 12.5% efektif floting rate atau 6% flat”, pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya