Dekopinda Kota Kediri dan Kota Mojokerto, Sepakat Kerjasama Fasilitasi Produk Anggota Koperasi

 

Kediri, PipNewsJatim.Com – Bertempat di kantor Dekopinda Kota kediri pada tanggal 26 Desember 2018 telah berlangsung pertemuan antara pimpinan Dekopinda Kota Mojokerto dan Kota Kediri.

Dalam pertemuan tersebut telah ditandatangani kerjasama antara Dekopinda Kota Kediri dan Kota Mojokerto untuk memfasilitasi pengembangan pasar untuk bagi produk2 pelaku UMKM yang berada dilingkungan Dekopinda Kota Kediri maupun Dekopinda Kota Mojokerto.

Wakil ketua Dekopinda Kota Mojokerto, Drs Moh. Zainuddin, menyampaikan bahwa banyak produk UMKM yang layak dibantu oleh jajaran pimpinan Dekopinda untuk dikenalkan dan dipromosikan sebagai produk unggulan daerah baik itu di kota kediri maupun kota mojokerto dan diharapkan dapat dikenal ditingkat regional.

“Dekopinda memiliki peranan penting untuk mempromosikan produk UMKM terutama bagi mereka yang telah menjadi anggota koperasi. Karena itu adalah salah satu fungsi Dekopin yaitu fasilitasi”, ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut pimpinan Dekopinda Kota Mojokerto membawa produk unggulan yang dihasilkan oleh pelaku UMKM mojokerto yaitu produk sepatu dengan bahan baku kain dan produk olahan makanan yaitu Onde-onde

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kota Kediri, R. Nugroho, menyampaikan bahwa kerjasama yang ditanda tangani bersama antara Dekopinda Kota Kediri dan Kota Mojokerto adalah usaha bersama untuk mewujudkan fungsi dan misi Dekopin sebagai fasilitator dan advokator bagi para pelaku UMKM di daerah.

Selanjutnya R. Nugroho juga berharap agar usaha kerjasama yang dimulai antara Dekopinda Kota Kediri dan Kota Mojokerto ini, dapat berkembang diseluruh Jawa Timur, sehingga nantinya Kehadiran Dekopinda sebagai Fasilitator, Edukator dan Advokator bagi gerakan koperasi dan pelaku UMKM yang berhimpun dalam wadah koperasi akan merasakan manfaat Dekopin.

“Kerjasama ini merupakan awal yang baik untuk meningkatkan ghirah anggota koperasi untuk terus berproduksi dengan inovasi dan kualitas yang bagus. Saya yakin, produk anggota sangat layak menembus pasar lokal maupun ekspor. Semoga kerjasama ini diikuti oleh Dekopinda yang lain”, pungkasnya.

Pandangan yang sama juga disampaikan oleh Pejabat di Bidang Kelembagaan Dinas koperasi UMTK Kota Kediri, Drs. Satria Sani, menurutnya, kerjasama antar Dekopinda sangat bermanfaat bagi pembinaan dan pemberdayaan UMKM dan Koperasi dalam pengembangan pasar bagi produk UMKM dan Koperasi.

“Pertemuan ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan produk UMKM dan Koperasi”, ujarnya.

Produk UMKM dan Koperasi Layak Tembus Pasar Ekspor

Di tempat yang sama, pengusaha produk olahan makanan keripik tempe, Billy menuturkan bahwa banyak produk UMKM yang layak untuk ekspor. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Faktanya, usaha yang selama ini ditekuninya, ternyata mampu menembus pasar ekspor salah satunya Amerika Serikat.

“Produk kita itu sangat layak menembus pasar ekspor. Buktinya produk kami bisa ekspor sampai ke Amerika. Yang penting produk koperasi dan UMKM harus dijaga kualitasnya”, tuturnya.

Pertemuan diakhiri dengan kunjungan ke lokasi pembuatan produk keripik tempe Pakuaty CV. Eyang Marto. [Nu]

Berita Lainnya