Bupati Sumenep : Koperasi Ini Jihad Kita Untuk Memperjuangkan Masyarakat

Bupati Sumenep Menyaksikan Penandatanganan MoU Antara Dekopida Kabupaten Sumenep dengan BRI

 

Sumenep, PIPNewsJatim.Com – Bupati Sumenep, Dr. K.H. A. Busyro Karim menegaskan bila koperasi merupakan bagian dari jihad dalam memperjuangkan masyarakat dari ancaman kapitalis.

Demikian disampaikan, saat memberikan sambutan dalam acara Sosialisasi Pengembangan Usaha Koperasi melalui Integrasi  Agen BRILINK  di Pondopo Agung Kabupaten Sumenep. Senin (30/10/2017).

Saat ini, menutut mantan Ketua DPRD Kabupaten Sumenep ini, semuanya sudah serba kapitalis, untuk itu, pihaknya mengajak gerakan koperasi berjuang, apapun tantangan kapitalis harus dihadapi.
” Sekarang semua serba kapitalis, sosialisme mulai tidak laku, ini kita harus mampu berjuang disini, apapun tantangan kapitalisme, ya berjuang lewat koperasi,” tandas Busyro.

Salah satunya, kata Busyro koperasi harus mengikuti perkembangan zaman. ” Sekarang Era digital, maka kita harus memanfaatkan itu, sekarang orang jualan sudah bisa di media sosial,” tuturnya.

Bahkan, menurutnya ada kabar di Jakarta sudah mulai mall yang mulai bangkrut, sebab masyarakat sudah banyak belanja lewat online. ” Ini yang harus ditangkap oleh koperasi, dan lewat BRILINK ini koperasi pasti bisa,” tukasnya.

Untuk itu, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Busyro berharap, setelah kegiatan sosialisasi nanti, maka bisa ditindaklanjuti kegiatan nyata di lapangan. “Tadi saya juga sempat tanyak ke Kepala Cabang BRI katanya akan disiapkan dengan suntikan modalnya, jadi ya tinggal disiapkan SDMnya,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Advokasi dan Sosialisai Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jawa Timur, Dr. Loeqman Al-Hakim, SH, MH menambahkan bahwa hal tersebut sebagai upaya untuk pengembangan usaha koperasi dan untuk membantu masyarakat dalam melawan rentenir. ” Ini cara cerdas untuk menghabisi rentenir, melalui usaha koperasi.
BRILINK jemput bola, BRI ini banknya rakyat,” tukas Lukman.

Acara tersebut mendapat sambutan yang antusias dari gerakan koperasi di Kabupaten Sumenep. Terbukti, ratusan pengurus koperasi, mulai dari Kopwan, Koperasi Pesantren dan Koperasi lainnya juga hadir. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat setempat, seperti Wakil Bupati (Achmad Fauzi), Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep (Imam Trisnohadi), Ketua Dekopinda Kabupaten Sumenep.

Dari pihak BRI juga tampak hadir Kepala Cabang BRI Kabupaten Sumenep. Dan sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut hadir dari perwakilan BRI Kanwil Surabaya.[Kang]

Berita Lainnya