Benchmarking Ke Cilacap, Dekopinwil Jatim Ingin Optimalkan Pengelolaan Kekayaan Laut Di Jatim Oleh Koperasi

(Ketua Dekopinwil Jatim Bersama Jajaran Pimpinan Yang Lain Saat Kunjungan di TPI KUD Mino Saroyo)

 

Cilacap, PipNewsJatim.Com – Minimnya Koperasi Mina yang mengoptimalkan kekayaan laut di Jatim, membuat Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono langsung mengambil inisiatif untuk melakukan benchmarking ke Cilacap Jawa Tengah dan Pangandaran Jawa Barat.

“Benchmarking kali ini adalah di Cilacap Jawa Tengah dan Pangandaran Jawa Barat”, katanya

Kunjungan di Cilacap, rombongan yang dikomandani secara langsung oleh Tri Harsono, langsung menuju KUD Mino Saroyo Cilacap. Menurutnya, tujuan dilakukannya benchmarking ini adalah untuk menimba ilmu dibidang Pengelolaan TPI.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Saat ini KUD Mino Saroyo sudah berhasil mengelola sebanyak 9 buah TPI. Bahkan, usaha yang sudah dikelola sebanyak 20 usaha. Yang terakhir adalah bidang Perumahan.

“KUD Mino Saroyo adalah Salah satu Koperasi yang Sukses mengelola TPI dan mampu mengembangkan setidaknya 20 usaha”

“Kami berharap, kedepan, KUD di Jatim yang tergabung dalam Puskud Mina Jatim bisa mengadopsi seperti yang dilakukan KUD Mino Seroyo. Dengan demikian, anggota atau nelayan bisa lebih sejahtera”, ungkapnya.

(TPI yang dikelola oleh KUD Mino Seroyo)

 

Dalam kunjungan tersebut, Tri Harsono menyoroti pengelolaan TPI yang dilakukan secara profesional. Meskipun tetap menggunakan cara lelang seperti halnya di TPI lainnya dan tetap menggunakan Coolstorege. Tri Harsono melihat ada yang istimewa. Yaitu, dilakukan dengan nilai kebersamaan seperti prinsip-prinsip koperasi.

“Kelebihan pengelolaan TPI ini jika dibandingkan dengan TPI yang lain adalah adanya aktualisasi nilai-nilai koperasi. Pengurus, pengawas, anggota dan karyawan menerapkan nilai dan prinsip koperasi sehingga tingkat kepercayaan anggota sangat besar dan merasa memiliki”, ujarnya.

“Semua usaha dikelola dengan komitmen bersama. Sehingga secara otomatis terbangun nuansa dari dan untuk anggota yang sangat kental sekali. Luar biasa. Kami sangat respek terhadap KUD Mino Saroyo”, pungkasnya. [Elc]

Berita Lainnya