Batik Sumber Arafat Tanjung Bumi Ikuti Pameran ” Madura Asonar” di Pamekasan

Pameran Budaya di Pamekasan

Pamekasan, PIPNewsJatim.com – Dalam rangkah HUT Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang ke 72, Pemprov Jatim melalui Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Pamekasan menggelar sejumlah kegiatan. Mulai dari kegiatan Grand Final Kerapan Sapi Tradisional memperebutkan Piala Presiden RI tahun 2017, kemudian juga ada Festival Sapi Sonok,  hingga Pameran dengan Tajuk ” Madura Asonar” dari hari Jumat- Minggu, 27-29 Oktober 2017 yang dipusatkan di Lapangan Sedangdang Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Pada kegiatan tersebut berbagai produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta ekonomi kreatif dari pelaku usaha binaan dari empat Kabupaten di Madura (Sumenep-Pamekasan-Sampang dan Bangkalan) dipamerkan.

Salah satunya yang mengikuti pameran binaan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Bangkalan yaitu Batik Sumber Arafat dari Kecamatan Tanjung Bumi Bangkalan. Tanjung Bumi merupakan daerah yang terkenal dengan kampung batik di Kabupaten Bangkalan. Batik Tanjung Bumi, merupakan salah satu batik tulis Madura yang terkenal. Salah satunya terkenal dengan batik gentongan, yang memiliki ke khasan tersendiri batiknya.

Darmayanti, pemilik Batik Sumber Arafat mengaku senang mendapat kesempatan dan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk ikut dalam pameran tersebut. ” Alhamdulillah mas, diberi kepercayaan, dan alhamdulillah tadi juga sudah ada yang laku batik saya,” jelas Darmayanti saat ditemui usai pembukaan pameran tersebut. Jumat (27/10/2017).

Perempuan kelahiran, Bangkalan 08 November 1987 ini menceritakan bahwa kegiatan tersebut meriah dan ramai dengan pengunjung. ” Iya ini ramai mas, karena masuknya gratis,” ucapnya.

Tak hanya dirinya, dari Kabupaten Bangkalan juga ada produk kerajinan tali agel yang dipamerkan. Pameran tersebut kata Darmayanti, akan berlangsung selama tiga hari kedepan, dan jam bukanya dari jam 12.00 WIB- 21.00 WIB.

Sekedar untuk diketahui, toko dari  CV Batik Sumber Arafat ini terletak di Jalan Raya Tanjung Bumi, sebelah barat Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Batik ini juga sudah menembus pasar lokal, regional, nasional bahkan penjualannya juga hingga ke Internasional. Dan bagi yang berminat membeli batik di toko  Batik Sumber Arafat Tanjung Bumi.[Kang]

Berita Lainnya