APU KW JATIM : Ramadhan Momentum Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk Koperasi dan UMKM

 

Sidoarjo, PipNewsJatim.Com – Kopwan Se-Jawa Timur yang tergabung di APU KW JATIM ikut menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan dengan semakin menggenjot produksi unggulan anggota. Menurut Ketua Umum APU KW JATIM, Siti Ngaisah, Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan produk unggulan anggota Kopwan. Pasalnya, pada bulan Ramadhan banyak konsumen yang mencari produk dengan harga terjangkau dengan kualitas yang terjamin.

Oleh karena itu, Siti Ngaisah berharap anggota Kopwan tidak melewatkan momentum tersebut. Siti Ngaisah mengatakan bahwa melalui APU KW JATIM akan terus mendampingi anggota agar membuat produk unggulan yang marketable dengan harga yang lebih terjangkau.

“Bulan Ramadhan itu adalah momentum bagi anggota Kopwan untuk menunjukkan produk unggulannya. Banyak konsumen mencari produk dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Saya yakin produk anggota bisa memenuhinya”,

“Sudah menjadi kewajiban kami mendampingi anggota agar produknya marketable. Kami yakin, kedepan produk anggota APU KW JATIM bisa bersaing di market global”, katanya.

Siti Ngaisah mengaku bahwa selama ini produk anggota sudah di jual baik melalui online maupun offline (konvensional). Sehingga pihaknya yakin bahwa produk anggota sudah banyak yang mengetahuinya.

Sebagai respon dari perkembangan teknologi dan era revolusi industri 4.0, pihaknya berharap agar produk UMKM yang berada dibawah naungan APU KW JATIM dapat masuk pada platform marketplace yang di fasilitasi oleh pemerintah maupun Dekopin.

Menurutnya hal tersebut sangat penting untuk segera direalisasikan. Karena, produk anggota akan lebih cepat terserap oleh pasar sehingga anggota terus berproduksi secara berkesinambungan.

“Perlu fasilitas platform marketplace yang secara khusus menampung produk UMKM bagi anggota koperasi”,

Siti Ngaisah menambahkan bahwa jika sebelumnya produk unggulan koperasi dan UMKM hanya diketahui dan dipasarkan melalui pameran dan pasar rakyat yang cendrung konvensional. Maka pihaknya berharap, produk UMKM bisa dipasarkan menggunakan marketplace.

“Pameran dan pasar rakyat itu sangat penting bagi produk koperasi dan UMKM. Tetapi tidak selamanya bergantung pada pameran dan pasar rakyat. Sudah saatnya produk koperasi dan UMKM kita itu masuk di Marketplace agar bisa diketahui oleh masyarakat global”, tambahnya.

Sementara itu, penasehat APU KW JATIM, Soeharianto, SH, M.M, mengatakan bahwa pihaknya akan terus memberikan motivasi dan akses pasar bagi produk anggota APU KW JATIM. Pihaknya sangat sependapat dengan Siti Ngaisah tentang perlunya produk koperasi dan UMKM masuk Marketplace.

Tetapi Soehariyanto mengingatkan bahwa produk koperasi dan UMK harus berkualitas agar dapat bersaing dengan produk yang lain.

“Produk koperasi dan UMKM memang sudah harus masuk di Marketplace. Tetapi yang lebih penting kualitas dan kuantitasnya harus dijaga dengan sebaik-baiknya”, pungkasnya.

Berita Lainnya