Agar Tak Bingung Mencari Kerja Saat Lulus, Mahasiswa Harus Berwirausaha Lewat Koperasi

Sidoarjo, PIPNewsJatim.Com – Pimpinan redaksi media PIPNewsJatim.com, Rusman Hadi mengajak mahasiswa untuk membangun jiwa wirausaha sejak berada di bangku kuliah dengan mendirikan Koperasi Mahasiawa (Kopma).  Hal tersebut agar mereka tidak kebingunan untuk mencari kerja saat sudah menyandang predikat sarjana.

“Sekarang ini mencari pekerjaan yang layak saat lulus kuliah itu tidak gampang. Makanya  jiwa kewirausahaan berbasis koperasi itu penting untuk dipupuk sejak masih mahasiswa,” jelas pria yang akrab disapa Rusman saat menjadi salah satu pembicara dalam seminar dengan tema “Gerakan Pengusaha Muda Melalui Enterpreneurship,” yang diselenggarakan Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Universitas Sunan Giri (PK. PMII Unsuri) Sidoarjo, Kamis (11/01/2018).

Mantan Ketua Umum PC PMII Sumenep ini menuturkan, itu bisa dilakukan dengan mendirikan koperasi mahasiswa di Kampus. ” Kalau disini belum ada Kopmanya, itu penting untuk didirikan. Sebab Kopma bisa menjadi media pembelajaran dalam membangun dan menumbuhkan jiwa wirausaha,” tandasnya.

Seperti yang diungkapkan Bung Hatta, lanjut Rusman, bahwa bentuk perekonomian yang paling cocok bagi Indonesia adalah ‘usaha bersama’ secara kekeluargaan. Di mana usaha bersama menurut Hatta adalah koperasi.

Sebab, koperasi memiliki prinsip ekonomi kerakyatan dan koperasi berasaskan kekeluargaan. ” Di Koperasi ini usaha yang kita bangun, dari, oleh dan untuk kesejahteraan anggota,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Surabaya Kuswana Mandiri Septian, juga mendorong agar mahasiswa berwirausaha. ” Jangan takut untuk berwirausaha,” tukasnya.

Ia juga menambahkan, saat ini pihaknya konsen melakukan pembinaan pada anggota HIPMI yang ada di Perguruan Tinggi untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada. ” Sekarang eranya sudah milenial, jadi fasilitas teknologi informasi, media sosial itu menjadi media strategis untuk mengembangkan usaha yang kita bangun,” pungkasnya.

Saat memberikan sambutan, Ketua Umum Pengurus Cabang PMII Sidoarjo Lucky E.A.S menyambut baik diselenggarakannya seminar bertema kewirausahaan tersebut. Sebab, menurutnya keberadaan pengusaha itu posisinya sangat penting dalam kehidupan di Indonesia.[Kang]

Berita Lainnya