Adokkopin Dorong Kopma Menjadi Inkubator Bisnis Berbasis Koperasi Bagi Mahasiswa

 

Malang, PipNewsJatim.Com – Ketua Umum Asosiasi Dosen Kewirausahaan Berbasis Koperasi Indonesia (Adokkopin), Prof. DR. H. Maryunani, SE., M.S memberikan apresiasinya terhadap Dekopinwil Jatim. Menurutnya Dekopinwil Jatim telah merealisasikan fungsinya sebagai satu-satunya lembaga tunggal gerakan koperasi. Yaitu fungsi Fasilitasi. Salah satunya adalah fasilitasi pembentukan Adokkopin.

“Dekopinwil Jatim itu luar biasa, 34 PTN/PTS difasilitasi membuat Adokkopin. Yang paling menarik, dosen yang tergabung di dalam Addokopin buka sekadar dosen yang hanya mengajar koperasi. Tetapi sepakterjangnya luar biasa”, ujarnya.

Rencananya dalam waktu dekat Adokkopin akan mengelar MoU dengan PTN/PTS dan melakukan deklarasi Adokkopin. Menurut Prof. Maryunani, Hal tersebut diperlukan agar masyarakat luas mengetahui eksistensi Adokkopin. Selain itu, agar Perguruan Tinggi yang masih belum bergabung di Adokkopin bisa menjadi anggota Adokkopin.

Sementara itu Wakil Ketua II Adokkopin, M. Khoirul Anwarodin Broto Suharto, SE, M.M mengatakan bahwa program pertama yang akan direalisasikan adalah Benchmark Perkoperasian. Sasarannya Kopma. Tujuannya agar Kopma menjadi inkubator bisnis berbasis koperasi bagi mahasiswa. Hal tersebut merupakan implementasi dari modul kewirausahaan berbasis koperasi.

“Fungsi utama Adokkopin adalah pemahaman jati diri koperasi pada mahasiswa. Setelah itu, mereka akan dibimbing untuk berwirausaha berbasis koperasi di Kopma. Kopma adalah inkubator bisnis berbasis koperasi bagi mahasiswa”, katanya. [Elc]

 

 

Berita Lainnya