2 Langkah Penting Dekopinwil Jatim Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

(Ketua Dekopinwil Jatim Saat Memberikan Sambutan Pada Penutupan Expo Produk Koperasi dan UMKM 2019)

 

Surabaya, PipNewsJatim.Com – Ketua Dekopinwil Jatim, Drs. Ec. Tri Harsono mengatakan bahwa pasar rakyat pada Peringatan Hari Koperasi Ke – 72 dan UMKM Expo merupakan ajang promosi bagi produk koperasi dan UMKM. Oleh karena itu, pihaknya berharap kegiatan semacam itu perlu terus ditingkatkan.
“Pameran dan Expo produk koperasi dan UMKM ini perlu terus diseleggarakan. Karena kegiatan tersebut merupakan salah satu media untuk mempromosikan produk Koperasi dan UMKM”, ujarnya pada saat memberikan sambutan pada penutupan Expo Produk Koperasi dan UMKM 2019 di Grand City Surabaya, Minggu (11/08/2019).

Expo produk Koperasi dan UMKM diselenggarakan sejak tanggal 7 – 11 Agustus 2019 di Grand City Mall Surabaya sebagai salah satu rangkaian dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke – 72.

Tri Harsono berharap expo produk Koperasi dan UMKM 2019 selain menjadi media promosi, juga bisa menjadi ajang untuk evaluasi produk. Artinya, koperasi dan UMKM perlu melihat sejauh mana respon konsumen terhadap produknya.
“Kegiatan ini merupakan ajang untuk evaluasi produk. Nah, jika produk tersebut mendapatkan sambutan positif dari konsumen, maka kualitas produk tersebut sangat layak. Tetapi kalau kurang mendapatkan respon dari konsumen, maka produk tersebut mungkin perlu diperbaiki kualitasnya. Selain kualitas, tak kalah pentingnya, kuantitasnya produk harus dijaga”, kata Tri Harsono.

Selain itu, Wakil Ketua Induk Koperasi Karyawan ini juga menyampaikan bahwa selain pasar rakyat dan expo, ada media lain yang bisa dimanfaatkan untuk ruang pamer dan pemasaran bagi produk koperasi dan UMKM. Yaitu Aplikasi Online.

Menurut Tri Harsono, di era Revolusi Industri 4.0, aplikasi online memiliki peran sangat penting. Karena, aplikasi online tak hanya dapat diakses oleh dunia global, tetapi juga saat ini hampir sebagian besar konsumen saat ini sudah menggunakan aplikasi online dalam melakukan transaksi jual-beli produk.

Tri Harsono menunjukkan dominasi dan dahsyatnya aplikasi online saat ini. Tidak sedikit, toko dan supermarket konvensional tutup akibat adanya aplikasi online. Menurutnya, koperasi harus ambil bagian dalam percaturan dunia aplikasi online tersebut agar eksistensi koperasi kedepan mampu bertahan dan bersaing dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, salah satu yang harus dipersiapkan koperasi adalah dengan menyiapkan SDM dan kader-kader koperasi yang berkualitas.

 

(Launching ToMiKo Oleh Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Jatim, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim dan Ketua Dekopinwil Jatim)

“Alhamdulillah, pada tanggal 7 Agustus 2019 kemarin, pada saat acara puncak Peringatan Hari Koperasi ke – 72, Dekopinwil sudah melakukan 2 Hal penting. Yaitu, Pertama, kami melakukan Launching ToMiKo. Sebuah aplikasi online yang dapat digunakan untuk ruang pamer, promosi dan pemasaran online bagi produk Koperasi. Kami berharap gerakan koperasi bisa memanfaatkannya dengan mendownload aplikasi ToMiKo”

 

(Gubernur Jatim Menandatangani Prasasti Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi)

“Kedua, kami juga sudah melakukan MoU dengan 37 Rektor PTN/PTS di Jatim dalam rangka menyiapkan SDM dan kader-kader koperasi yang berkualitas dimasa mendatang yang diwujudkan dengan dibuatnya Modul Kewirausahaan Berbasis Koperasi”, pungkasnya.

Berita Lainnya